24 Koin Emas Kuno Ditemukan di Sebuah Pot di Israel – FAJAR –
Internasional

24 Koin Emas Kuno Ditemukan di Sebuah Pot di Israel

Koin emas langka itu telah ditemukan bersama anting-anting itu yang berada di sebuah pot perunggu di antara batu di sisi sumur. Koin sebanyak 24 keping itu dikumpulkan dalam pot itu (Yaniv Berman)

FAJAR.CO.ID – Arkeolog baru-baru ini menemukan koleksi koin emas yang diyakini telah disembunyikan 900 tahun yang lalu. Koleksi koin emas itu ditemukan di kota pelabuhan Israel kuno, Caesarea.

Koin emas langka itu telah ditemukan bersama anting-anting itu yang berada di sebuah pot perunggu di antara batu di sisi sumur. Koin sebanyak 24 keping itu dikumpulkan dalam pot itu.

Sepertinya koin emas itu memang sengaja disembunyikan oleh seseorang yang berharap suatu saat ia dapat mengambilnya kembali. Namun kenyataannya ia tak bisa mengambilnya kembali hingga ditemukan 900 tahun kemudian.

Para arkeolog mengatakan, pemilik koin emas itu mungkin telah meninggal ketika penduduk kota dibantai oleh tentara Salib pada tahun 1101. Seperti dilansir RMOL.co (Jawa Pos Grup), penemuan ini dilakukan selama penggalian dan proyek konservasi di situs Warisan Dunia Caesarea.

Koin abad ke-11 ditemukan di antara dua batu di sisi sumur di sebuah rumah. “Ini adalah saksi bisu untuk salah satu peristiwa paling dramatis dalam sejarah Caesarea, penaklukan berdarah terhadap kota-kota di dunia oleh Tentara Salib,” kata arkeolog dari Israel Antiquities Authority seperti dimuat BBC.

Mereka menambahkan, menurut sumber tertulis, sebagian besar penduduk Caesarea dibantai oleh tentara Baldwin I, yang memerintah Kerajaan Salib Yerusalem antara tahun 1100 dan 1118.

(met/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!