5 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Kulit – FAJAR –
Kesehatan

5 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Kulit

Pisang dan manfaatnya. Foto: Eatthis

FAJAR.CO.ID – Mungkin tak ada yang menyangka bahwa manfaat pisang juga bisa dirasakan oleh kulit. Sebab, buah yang kerap dikaitkan dengan kesehatan dan kecantikan kulit ialah lidah buaya, kiwi, pepaya, mentimun, dan kelapa. Lagipula, umumnya skincare yang dijual di pasaran juga hanya mengandung ekstrak dari beberapa buah yang telah disebutkan itu.

Dilansir dari Daily Heart Alerts, buah yang tersedia sepanjang tahun tanpa mengenal musim ini rupanya mengandung vitamin esensial, seperti B3, B5, B6, dan vitamin C, yang sangat berkhasiat untuk menjaga dan memperbaiki kondisi kulit. Selain itu, pisang juga memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi kesehatan kulit. Adapun manfaat yang dimaksud, antara lain:

 

  1. Mengatasi penuaan dini

Inilah salah satu ketakutan terbesar wanita soal kulit, yaitu penuaan dini yang ditandai dengan kulit kusam, muncul flek hitam, garis-garis halus atau keriput, dan kulit yang mengendur.

Namun kini Anda tidak perlu terlalu cemas. Pasalnya, pisang dapat membantu melawan berbagai tanda penuaan, khususnya soal elastisitas kulit dan keriput. Itu karena adanya kandungan vitamin C dan B6 pada pisang yang luar biasa tinggi. Anda juga bisa lho membuat masker alami dari pisang. Berikut caranya:

– Hancurkan 1 buah pisang dan 1 alpukat

– Saat sudah berubah menjadi pasta, oleskan ke wajah lalu diamkan selama 20 menit agar nutrisinya terserap pori-pori.

– Setelah itu, cuci wajah Anda sampai bersih.

 

  1. Mencerahkan kulit wajah

Pisang mengandung sifat antipenuaan dan antioksidan yang membantu dalam merawat semua jenis kulit. Bahkan, pisang juga berkhasiat untuk mencerahkan kulit Anda, lho! Untuk mendapatkan manfaat tersebut, caranya gampang, Anda tinggal membuat dan mengaplikasikan masker alami berbahan dasar pisang. Untuk jenis kulit yang berbeda, ada kombinasi berbeda yang digunakan.

Untuk kulit berminyak, campurkan 1 pisang yang sudah dilumatkan dengan perasan air lemon dan madu secukupnya. Adapun untuk kulit kering, campurkan 1 pisang tumbuk dengan alpukat serta minyak zaitun. Oleskan masker tersebut ke wajah Anda lalu diamkan selama 10 menit, kemudian bilas. Setelah dibilas, pasti wajah Anda akan terlihat lebih bercahaya dari sebelumnya.

 

  1. Mengurangi lingkaran hitam di bawah mata

Nah, jika semalam Anda terpaksa begadang demi menyelesaikan beberapa deadlinepekerjaan, pisang bisa membantu menyamarkan lingkaran hitam dan mata bengkak. Yang Anda butuhkan hanyalah pisang matang, lalu lumatkan, dan oleskan pada bagian bawah mata Anda yang bermasalah itu.

Diamkan selama 10 menit kemudian cuci bersih dengan air dingin. Dan Anda pun akan melihat lingkaran gelap dan bengkak pada mata Anda menjadi berkurang!

 

  1. Menyamarkan flek hitam di wajah

Selain bisa meningkatkan elastisitas kulit, mencerahkan, mengurangi efek mata panda, pisang juga bisa membantu Anda dalam menyamarkan flek-flek hitam yang umumnya disebabkan oleh sengatan matahari.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, campurkan pisang yang telah dilumatkan dengan 1 sendok gula pasir, 2 sendok gandum, dan 1 sendok susu. Setelah menjadi adonan masker, oleskan pada bagian wajah yang memiliki flek-flek hitam. Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan air dingin. Lakukan ini secara rutin untuk mencapai hasil maksimal.

 

  1. Melembapkan kulit

Bagi Anda yang ingin bepergian ke luar negeri dan khawatir cuaca dingin di sana dapat membuat kulit Anda sangat kering, buah pisang bisa menjadi solusinya. Sebab, pisang kaya akan vitamin A dan kalium sehingga bisa menjaga kulit tetap terhidrasi secara alami. Saat selesai beraktivitas, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengambil pisang matang, hancurkan dengan garpu, lalu oleskan campuran tersebut pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilaslah dengan air dingin. Kulit Anda pun akan terasa lembap dan lembut.

Itulah lima manfaat pisang untuk kesehatan kulit. Selain enak dimakan langsung, pisang juga dapat dijadikan skincare alami (masker) dengan biaya yang relatif lebih murah dan tanpa efek samping yang berbahaya. Bagi Anda pencinta skincare alami, khususnya yang terbuat dari buah-buahan, Anda bisa menjadikan pisang sebagai salah satu pilihan Anda.(HNS/ RVS/klikdokter)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!