Andi Mariattang: Semua Stakeholder Harus Mengambil Peran Kawal Pemilu Berintegritas – FAJAR –
Politik

Andi Mariattang: Semua Stakeholder Harus Mengambil Peran Kawal Pemilu Berintegritas

Andi Mariattang.

FAJAR.CO.ID, PAREPARE – KPU RI menggelar rapat koordinasi dan monitoring persiapan Pemilu 2019 di Hotel Grand Muatika Parepare pagi ini, Selasa (4/12). Anggota Komisi II DPR RI, Andi Mariattang, S.Sos, akan tampil sebagai salah satu narasumber.

Andi Mariattang yang merupakan anggota DPR dari Fraksi PPP Dapil Sulsel II, memberi apresiasi penyelenggara pemilu yang selama ini  memperlihatkan kinerjanya yang cukup profesional dalam mempersiapkan  tahapan pemilu 2019. Meski tentu masih ada kekurangan yang segera dibenahi, mengingat sekarang ini sudah masuk tahapan krusial.

Andi Mariattang yang pada Pemilu 2019 juga akan maju lagi bertarung di Dapil Sulsel II melalui PPP menjelaskan pentingnya semua stakeholder untuk bersama-sama mengambil peran mengawal pemilu berintegritas.

“Hanya pemilu berintegritas yang bisa melahirkan pemimpin dan wakil rakyat yang peduli dan berintegritas,” ujarnya kepada fajar.co.id, sebelum acara Selasa (4/12) pagi.

Mary menjelaskan, tahapan krusial sekarang adalah masa kampanye yang sudah memperlihatkan tensi politik meningkat. Nafsu untuk melakukan segala cara bisa dilakukan untuk melakukan kampanye. Padahal kampanye harus dipastikan berjalan baik dan fair.

“Kampanye harus dimaknai tidak sekadar masa di mana caleg memperkenalkan atau merketing diri kepada publik. Namun yang terpenting adalah memosisikan pemilih sebagai pihak yang berdaulat berhak mengenal lebih banyak apa visi misi kandidat. Itulah substansi mengapa PKPU kampanye seolah ketat membatasi caleg pasang baliho. Selain karena merusak keindahan kota, juga supaya calegnya banyak waktu melakukan kampanye dialogis dengan pemilih,” paparnya.

Tahapan lain juga adalah soal DPT. Semua warga negara harus dijamin hak pilihnya. Tidak boleh ada warga hilang hak pilihnya hanya karena negara abai.

“Dukcapil dan KPU sejatinya bekerja sama termasuk masyarakat sipil untuk mendorong perekaman e-KTP sehingga DPT kita segera selesai,” jelasnya. (yon)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!