Mau Coba Investasi Emas? Kenali Cara dan Waktu yang Tepat Berikut Ini – FAJAR –
Ekonomi

Mau Coba Investasi Emas? Kenali Cara dan Waktu yang Tepat Berikut Ini

Mau Coba Investasi Emas? Kenali Cara dan Waktu yang Tepat Berikut Ini

Emas sudah bukan rahasia lagi, jika emas digunakan sebagai bahan investasi.  Jenis emas yang dibelipun beragam, bisa berupa emas koin, perhiasan, dan emas batangan. Tapi untuk investasi, ada baiknya jika memilih membeli emas batangan. Emas batangan ini sedang menjadi tren investasi saat ini selain saham, obligasi, reksadana, atau deposito di bank. Cara membelinya pun bisa dibilang mudah.  Emas bisa dibeli di banyak tempat terpercaya termasuk lewat platform investasi online seperti perusahaan fintech indodana.com.

Berikut ini cara untuk berinvestasi emas yang bisa Anda cek.

Tentukan tujuan utama berinvestasi emas

Setiap orang yang memutuskan untuk berinvestasi pasti punya tujuan, tidak lain ialah untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya. Termasuk juga investasi emas.

Sebelum benar-benar memutuskan untuk memulai investasi emas, akan lebih baik jika Anda menanyakan dulu kepada diri sendiri apa tujuan investasi yang ingin Anda capai.

Tujuan seperti apa saja tidak apa, asal harus konsisten untuk membeli emas dengan besaran tertentu yang sesuai dengan kemampuan. Karena semakin lama kita investasi emas, semakin banyak pula emas yang bisa kita peroleh sebagai barang investasi.

Cek harga emas

Setelah punya tujuan investasi, jangan tergesa-gesa beli emas.  Cek harga emas batangan di pasaran.  Ada baiknya juga periksa harga di Internet.  Karena saat ini telah banyak situs-situs tertentu yang memberikan info tentang harga emas terkini.

Selain mengecek harga emas via online dan aplikasi digital, Anda bisa juga cek harga secara konvensional.  Dengan cara datang ke toko-toko tertentu atau tempat menjual emas resmi di kantor Antam, Pegadaian, dan lainnya.

Pastikan juga waktu yang tepat saat Anda ingin membeli emas.  Jika harga emas sedang turun, itu berarti waktu yang tepat buat Anda berinvestasi.

Tentukan emas yang akan dibeli

Jika tahap pengecekan harga sudah selesai dilakukan, saatnya Anda untuk menentukan berapa besaran emas yang akan dibeli buat investasi.  Tentukan juga periode waktu pembelian emas yang akan Anda patok sebagai investasi.  Misalnya Anda konsisten akan investasi emas setiap bulannya sebanyak 5 gram.

Jika harga per gramnya misalnya Rp 500.000. Itu artinya setiap bulan Anda harus menyediakan uang untuk berinvestasi emas sebesar Rp 2,5 juta.

Tentukan tempat pembelian

Berinvestasi emas akan terealisasi jika Anda membeli emas tersebut di tempat yang terpercaya. Pastikan Anda untuk mencari tahu dulu di mana saja tempat membeli emas yang resmi.

Sekarang ini sudah banyak kasus penipuan saat membeli emas.  Jangan percaya jika ada pihak yang menawarkan emas dengan tawaran proses cepat tapi yang didapat pada awal hanya sertifikatnya saja.  Ada baiknya untuk cek tempat-tempat jual beli emas yang terpercaya saja.

Periksa kondisi emas

Setelah Anda melewati beberapa cara investasi emas di atas, Anda bisa memulai investasimu.  Anda sudah tiba pada saatnya untuk memastikan kondisi emas ketika Anda sedang berada di tempat jual beli emas.

Tentunya yang pertama harus Anda pastikan adalah keaslian emas. Jangan sampai emas yang Anda beli adalah palsu.  Teliti juga kondisi emas yang dibeli buat investasi, pastikan emas dalam kondisi sempurna atau tidak cacat.

Pastikan ketika Anda membeli emas, sebisa mungkin Anda mengajak orang yang tahu atau ahli dalam hal emas, hal ini agar Anda tidak tertipu oleh penjual, sekalipun tempat beli emas yang didatangi berstatus resmi.

Pilih penyimpanan emas yang aman

Setelah Anda telah membeli emas untuk investasi dalam jangka waktu tertentu, pastikan juga mengenai tempat penyimpanannya.  Ada beberapa cara agar emas yang Anda jadikan investasi bisa tersimpan dengan aman.  Cara investasi emas yang ini jangan sampai Anda lupakan.

Pertama, emas bisa disimpan di brankas baja yang Anda miliki di rumah sendiri untuk menghindari pencurian.  Namun tentu Anda harus mengeluarkan modal terlebih dahulu untuk membeli brankasnya jika sebelumnya Anda belum memiliki.

Kedua, emas yang Anda beli bisa disimpan melalui layanan jasa penyewaan kotak penyimpanan harta atau surat-surat berharga. Orang-orang menyebutnya safe deposit box (SDB). Layanan SDB ini biasanya bisa Anda tanyakan di bank dan sudah banyak tersedia lewat berbagai bank swasta maupun pemerintah seperti BNI atau Bank Mandiri.

Selain perbankan, layanan SDB ini juga bisa Anda temui di Pegadaian.  Jadi Anda bisa menitipkan emas yang Anda miliki kepada layanan SDB ini.  Tentu ada biaya layanan dari masing-masing jasa penyewaannya.

Ketiga, emas yang sudah Anda beli juga bisa disimpan di Brankas PT Antam. Brankas atau program Berencana Aman Kelola Emas Antam yang dimiliki oleh PT Antam ini dilengkapi sistem keamanan 24 jam.  Untuk individu seperti Anda, cukup hanya membayar biaya keanggotaan sebesar Rp 25.000 per bulan.

Demikian artikel mengenai investasi di bidang emas, semoga Anda bisa mendapatkan informasi baru sebelum memutuskan untuk investasi.

 

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!