Pemkot Makassar Gerak Cepat Atasi Sampah – FAJAR –
Daerah

Pemkot Makassar Gerak Cepat Atasi Sampah

Petugas membersihkan saluran air di Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar. (Sahrul Ramadan/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Sampah masih menjadi persoalan utama di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Terlebih saat musim penghujan seperti sekarang. Tumpukan sampah bisa memicu terjadinya banjir.

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengaku telah menampung banyak keluhan masyarakat terkait sampah sejak November 2018. Tumpukan sampah terus bertambah di saluran-saluran pembuangan.

“Ini banyak komplain orang. Baik sebelum (dibersihkan) dan sesudah. Ini sangat luar biasa kotor kalau terus dibiarkan. Bisa jadi penyebab banjir di mana-mana. Hujan pertama datang, sampah sudah menumpuk. Memang mesti jadi perhatian serius ini,” kata pejabat yang akrab disapa Danny Pomanto di Makassar, Selasa (4/12).

Ada sejumlah lokasi yang menjadi titik penumpukan sampah dan harus segera ditangani. Seperti di Kecamatan Mariso, Makassar. Mariso merupakan salah satu lokasi di Kota Makassar yang populasi penduduknya cukup padat. Lokasi ini menjadi perhatian khusus. Mengingat penumpukan sampah plastik di drainase dapat mempengaruhi aktifitas keluar masuknya air saat musim penghujan.

Jika tidak cepat diatasi, kemungkinan terjadi banjir karena drainase yang tersumbat. “Makanya petugas-petugas drainase, kami langsung kerahkan untuk setiap saat. Kalau ada laporan atau tidak ada laporan, tetap pantau. Kalau ada sampah langsung ditangani,” tegas Danny.

Selain itu, Danny telah memerintahkan setiap jajarannya melalui camat dan lurah untuk lebih aktif dalam menindaklanjuti laporan masyarakat. Khususnya terkait masalah penumpukan sampah di drainase yang dianggap menjadi biang utama terjadinya banjir. Dengan proses penanganan dan pembenahan sejak dini, banjir di Makassar akan lebih memudahkan diminimalisasi.

(rul/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!