Tak Ada Bukti Langsung Keterlibatan MBS dalam Pembunuhan Khashoggi – FAJAR –
Internasional

Tak Ada Bukti Langsung Keterlibatan MBS dalam Pembunuhan Khashoggi

Baik Pompeo maupun Mattis menekankan kepada para senator pekan lalu bahwa tidak ada bukti langsung tentang keterlibatan Putra Mahkota Arab Saudi Muhammed Bin Salman (MBS) atas pembunuhan Khashoggi (Anadolu Agency)

FAJAR.CO.ID – Kepala CIA Gina Haspel dikabarkan akan menjelaskan kepada Kongres AS soal pembunuhan wartawan Washington Post Jamal Khashoggi. Dikabarkan BBC, dia akan berbicara dengan para pemimpin Senat pada hari Selasa (4/12).

Diketahui bahwa Haspel pekan lalu tidak hadir dalam sesi briefing yang dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan Menteri Pertahanan James Mattis. Hal itu membuat sejumlah orang di Kongres AS marah besar.

Baik Pompeo maupun Mattis menekankan kepada para senator pekan lalu bahwa tidak ada bukti langsung tentang keterlibatan Putra Mahkota Arab Saudi Muhammed Bin Salman (MBS) atas pembunuhan Khashoggi.

Bahkan Presiden AS Donald Trump berulang kali menyatakan kalau ia tak yakin Putra Mahkota Arab Saudi yang merupakan sekutu dekatnya itu terlibat dalam pembunuhan Khashoggi. Ia juga menegaskan, kasus tersebut tak akan mempengaruhi hubungan antara Saudi dan AS.

Sementara itu, laporan media Amerika Serikat menyebut bahwa CIA memiliki bukti bahwa MBS bertukar pesan dengan Saud al-Qahtani. Seperti dilansir RMOL.co (Jawa Pos Grup), Al Qahtani selama ini diduga mengawasi pembunuhan itu.

Gina Haspel juga dilaporkan marah tentang kebocoran temuan CIA ke media. Ia tak suka kalau laporan CIA bisa sampai ke tangan media yang seharusnya masih jadi rahasia.

CIA sendiri belum mengomentari laporan soal rencana briefing di Kongres

(met/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!