Wakapolri Terjun ke Papua, Misi Penyelamatan Pekerja yang Masih Hidup – FAJAR –
Nasional

Wakapolri Terjun ke Papua, Misi Penyelamatan Pekerja yang Masih Hidup

Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto (Dok. JPC)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Mabes Polri bergerak cepat mendengar 31 pekerja proyek jembatan di Nduga, Papua dibunuh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Bahkan, Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto terjun langsung ke wilayah tersebut.

“Wakapolri akan landing di situ untuk melakukan analisa situasi keamanan di Papua dengan beberapa PJU,” ujar Kadiv Humas Mabes Polri Brigjen Pol Muhammad Iqbal di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (4/12).

Selain Wakapolri, Kapolda Papua dan Pangdam Jaya juga sudah menuju lokasi untuk melakukan langkah-langkah kepolisian dan penegakan hukum. “Tapi yang paling penting adalah langkah penyelamatan,” tegas Iqbal.

Ya, misi utama Polri dibantu TNI yakni melakukan selain pengecekan secara detail terhadap jumlah korban, merema melakukan penyelamatan. “Tugas prioritas kita adalah menyelamatkan korban yang masih hidup dan mengecek jumlah korban yang tersebar di media,” tutur mantan Wakapolda Jawa Timur itu.

Namun untuk saat ini, situasi Papua dan Papua Barat relatif kondusif. Akses menuju lokasi di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua pun sudah dapat dilalui. “Hanya ini konsentrasi di Nduga. Dari pagi kita sudah bergerak ke lokasi,” pungkas Iqbal.

Sebelumnya, sebanyak 31 pekerja proyek Istaka Karya dibunuh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Adapun pembantaian itu terjadi ketika para pekerja sedang membangun jembatan di Kali Yigi-Kali Aurak, di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua.

“31 orang meninggal dunia,” ujar Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Papua, AKBP Suryadi Diaz kepada JawaPos.com, Senin (3/12).

Kejadian ini dilaporkan masyarakat kemarin sekitar pukul 15.30 WIT. Namun pembunuhan terhadap para pekerja proyek Istaka Karya tersebut diduga terjadi pada Minggu (2/12).

(dna/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!