Dua Harimau Semarang Zoo Lepas, Sempat Ngamuk Sebelum Dibius – FAJAR –
Daerah

Dua Harimau Semarang Zoo Lepas, Sempat Ngamuk Sebelum Dibius

EVAKUASI: Evakuasi harimau koleksi Semarang Zoo yang sempat lepas dari kandang. (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Dua ekor harimau koleksi Semarang Zoo lepas dari kandang, Rabu (5/12). Meski sudah berhasil dievakuasi, kejadian tersebut sempat menghebohkan pengelola kebun binatang. Beruntung tidak ada korban jiwa akibat lepasnya dua ekor harimau tersebut.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah, Suharman, menerangkan, lepasnya dua ekor harimau dari kandang ini terjadi sekira pukul 08.30 WIB. Masing-masing adalah jantan dan betina jenis benggala.

Ia yang mengaku mendapat informasi tersebut dari pihak kebun binatang itu kemudian langsung mengerahkan petugasnya yang bersenjatakan senapan bius dan tongkat bambu. “Sekira pukul 09.00 WIB setelah kami sampai di Bonbin telah siap personel polisi. Bonbin juga telah ditutup sehingga steril untuk pengunjung,” jelasnya, Rabu (5/12).

Petugas BKSDA, polisi, dan pengelola kebon binatang lantas berkoordinasi guna menjebak dua ekor harimau itu. Namun, tak lama berselang, tim mendapat kabar dari pawang bahwa harimau benggala jantan sudah masuk ke kandang.

“Sedangkan yang betina belum ditemukan keberadaannya. Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan harimau berada di dalam gorong-gorong jembatan dalam kompleks bonbin,” imbuhnya lagi.

Tim gabungan lalu menutup pintu gorong-gorong dengan pintu besi. Tapi, harimau itu malah mengamuk dan menerjang ram besi hingga berhasil keluar dari kepungan. Para petugas pun berlarian. “Diduga karena ram (pintu) besi terlalu kecil,” lanjutnya.

Harimau betina itu tak lama kemudian masuk ke gorong-gorong lagi. Momen ini pun dimanfaatkan tim gabungan dengan melancarkan rencana serupa dengan sebelumnya, namun menggunakan pintu besi yang lebih besar dan kuat.

“Setelah berhasil menjebak harimau dengan menutup kembali lubang gorong-gorong, petugas membius harimau dengan tiga kali tembakan bius. Meski hanya terkena dua kali tembakan bius,” tutupnya.

Saat efek obat bius mulai terasa, kucing besar itu pun mulai tertidur. Setelah itu ditandu dan dikembalikan ke kandangnya. Tak ada korban dalam peristiwa ini.

(gul/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!