Pemkot Makassar Akan Luncurkan e-Sembako – FAJAR –
Makassar

Pemkot Makassar Akan Luncurkan e-Sembako

Pemantauan ketersediaan bahan pokok di pasar tradisional di Makassar beberapa waktu lalu. (Sahrul Ramadan/JPC)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan meluncurkan e-Sembako Ta. Sebuah aplikasi untuk memantau harga bahan pokok di pasaran. Aplikasi akan terkoneksi dengan pasar-pasar tradisional hingga modern di kawasan Makassar. Sehingga dapat semakin memudahkan masyarakat.

“Pemkot Makassar akan terus memperbarui di setiap minggunya. E-sembako Ta Adalah sistem standar harga perhari. Serta akan dilakukan update data selama dua kali seminggu dari hasil survei pasar oleh tim perindustrian,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar Naisyah Tun Azikin di Makassar, Kamis (6/11).

Peluncuran e-Sembako Ta merupakan upaya Pemkot Makassar dalam memberikan pelayanan kepada rumah tangga. Khususnya ibu-ibu. Mereka nantinya tidak bingung dan bertanya-tanya lagi terkait harga bahan pokok di pasaran.

“Baik pasar tradisional maupun modern. Dari situ bisa diliat di android. Jadi tinggal buka telepon genggam. Masyarakat sudah bisa membedakan harga di pasar satu dengan lainnya,” jelas Naisyah.

e-Sembako Ta diupayakan secepatnya rampung sebelum resmi diluncurkan. Rencana sosialisas aplikasi juga akan dilakukan. Masyarakat diharap melaporkan jika terdapat perbedaan harga bahan pokok di pasar tradisional maupun modern. Sehingga nantinya bisa menjadi bahan evaluasi.

“Misalnya pasar tradisional dan modern berbeda meski dengan komoditas yang sama. Kami ingin harga di pasar itu sama. Gunanya agar masyarakat bisa menjangkau semua harga bahan pokok di pasar. Dengan adanya aplikasi itu juga bisa diawasi agar tidak adanya harga berbeda-beda,” pungkas Naisyah.

(rul/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!