Pengosongan Lahan Kentingan Baru Berlangsung Mencekam – FAJAR –
Daerah

Pengosongan Lahan Kentingan Baru Berlangsung Mencekam

PENGOSONGAN LAHAN: Polisi melakukan pemadaman ban yang dibakar warga. (Ari Purnomo/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, SOLO – Pengosongan lahan Kentingan Baru, Jebres, Solo, Jawa Tengah (Jateng), berlangsung mencekam. Ratusan warga bersiap menghadang petugas yang hendak melakukan pengosongan lahan. Mereka menutup gang pintu masuk ke permukiman menggunakan bambu. Warga juga melakukan pembakaran ban di depan gang pintu masuk.

Ratusan petugas gabungan dari Satpol PP, Polresta Solo, dan TNI dikerahkan untuk mengamankan jalannya pengosongan lahan. Lokasinya berlokasi di timur Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Setelah menunggu beberapa lama, sejumlah warga diterjunkan untuk membantu pengosongan. Tetapi upaya tersebut mendapatkan penghadangan dari warga lainnya.

Warga berkukuh untuk menolak pengosongan. Bahkan sempat terjadi saling dorong dan pelemparan batu. Melihat situasi yang tidak kondusif, petugas lantas mundur untuk melakukan perundingan.

Salah seorang warga Kentingan Baru, Galih, 25 mengungkapkan, warga tidak akan mau digusur dari lokasi yang dihuninya. “Saya sudah tinggal di sini sudah cukup lama sejak 2000. Kami ingin tetap bertahan di tempat ini,” terangnya kepada JawaPos.com, Kamis (6/12).

Menurut Galih, pengosongan lahan tanpa ada pemberitahuan sebelumnya. Sehingga warga langsung melakukan penghadangan agar eksekusi tidak dilakukan.

“Yang tinggal di Kentingan Baru ini cukup banyak, lebih kurang 500 kepala keluarga. Kami tidak mendapatkan pemberitahuan sebelumnya. Jadi tiba-tiba langsung akan dieksekusi,” ucapnya.

Sekadar diketahui, kasus lahan di Kentingan Baru sudah terjadi sejak lama. Lahan tersebut dimiliki sejumlah orang. Berbagai upaya sudah dilakukan. Mulai dari persidangan hingga pemberian ganti rugi.

(apl/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!