Tilang Elektronik Akan Diberlakukan di Makassar, Ini Titiknya – FAJAR –
Sulsel

Tilang Elektronik Akan Diberlakukan di Makassar, Ini Titiknya

Wakil Direktur Lalulintas Polda Sulsel, AKBP Grendie Teguh Saat Ditemui di Ruangannya (Foto:Syamsul Alam/Fajar.co.id)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Direktorat Lalulintas (Dirlantas) Polda Sulsel akan melaunching program baru yakni Elektronik Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau tilang elektronik, mulai pekan kedua Desember.

“Kami sudah melakukan persiapan pendataan secara aktif, baik itu kamera yang dimiliki oleh CJS, pemerintah kota Makassar, maupun kamera Dirlantas Polda Sulsel,”ujar Wakil Direktur Lalulintas Polda Sulsel, AKBP Grendie Teguh saat ditemui di ruangannya, Kamis (6/12/18).

Meskipun demikian, pihak Dirlantas Polda Sulsel juga harus melakukan pendataan yang update, kroscek kondisi lapangan, hingga melakukan Focus Grup Discussion (FGD).

“Kemarin kami sudah melakukan FGD dengan pengadilan, kejaksaan, pihak bank, dan PT POS, serta Dispenda. Ini terkait rangkaian sistematis penilangan visual tersebut,”lanjutnya.

Grendie menjelaskan, mekanisme penilangan kamera ini akan dikontrol melalui ruangan khusus. Ketika ada pelanggaran yang terjadi di zona yang terpasang kamera tersebut, maka segera dilakukan penilangan ditempat.

“Nanti diteruskan ke ruangan khusus tersebut, dan nanti data tersebut akan di kirim ke bank, dan Dispenda untuk dilakukan pemblokiran STNK,”terangnya.

Blokir STNK tersebut, lanjutnya, hanya blokir tilang bukan blokir pajak STNK. Imbasnya, pelanggar tidak bisa membayar pajak tahunan sebelum membuka blokir tersebut.

Untuk mengetahui pengendara tersebut melakukan pelanggaran, Dirlantas Polda Sulsel bekerjasama dengan PT POS untuk memberikan surat pelanggaran terhadap pengendara.

“Jenis pelanggarannya sendiri seperti melanggar arus lalulintas, tidak pakai helm, melanggar lampu merah, dan melanggar zebra cross. Itu saja dulu,”bebernya.

Untuk diketahui, Dirlantas Polda Sulsel menghitung untuk saat ini kamera yang terpasang di kota Makassar sebanyak 300 unit. Pihaknya juga bekerjasama dengan pemerintah kota Makassar dan Kominfo untuk menjalankan 100 titik kamera yang akan digunakan dalam rangka penindakan.

“Untuk sementara kami berdayakan dulu program ini di kota Makassar dulu, baru nanti program E-TLE ini dilakukan untuk seluruh daerah di Sulsel,”pungkasnya.(sul)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!