Google akan Hentikan Layanan Perpesanan Allo – FAJAR –
Teknologi

Google akan Hentikan Layanan Perpesanan Allo

Tampilan halaman sign-in Google Allo web. (ANTARA News/Google)

FAJAR.CO.ID – Google mengungkapkan rencananya untuk menghentikan layanan perpesanan pintar Allo dan akan fokus pada pengembangan aplikasi Messages untuk perangkat Android yang dianggap lebih prospektif.

“Memberi momentum berlanjutan Messages, kami telah memutuskan untuk menghentikan dukungan Allo untuk fokus pada Messages,” kata Wakil Presiden Produk-Produk Komunikasi Konsumer Google, Matt Klainer, mengatakan di blog resmi Google, dikutip Jumat (7/12).

Klainer mengatakan bahwa sudah sejak awal tahun ini Google telah menghentikan investasi untuk Allo, dan membeli sejumlah fitur paling disukai, seperti Smart Replay, GIFs, serta mendukung desktop untuk Messages.

Allo masih akan bisa digunakan oleh pengguna hingga Maret 2019, dan sejak itu pengguna disarankan untuk mengekspor seluruh rekaman percakapan sebelum layanan ini dihentikan.

Upaya Google untuk fokus ke Messages sudah dilakukan secara paralel. Google telah bekerjasama dengan industri mobile untuk meningkatkan SMS melalui aplikasi Messages agar orang-orang di seluruh dunia bisa lebih mudah menikmati chats group, berbagi foto resolusi tinggi, menerima dan membaca pesan di berbagai perangkat Android.

Dalam perkembangannya, Messages sekarang telah digunakan 175 juta orang berkat kemitraan yang dijalin Google dengan lebih dari 40 operator seluler.

Selain mengembangkan Messages, Google tetap akan terus meningkatkan layanan video call Duo. “Ini adalah salah satu aplikasi seluler berperingkat tertinggi di Google dan menunjukkan pertumbuhan serta keterlibatan yang kuat di Android dan iOS,” kata Klainer.

Tahun ini Google meluncurkan dukungan Duo untuk iPad, tablet Android, Chromebook, dan Smart Displays telah memberi pengguna banyak fleksibilitas untuk melakukan panggilan dari perangkat favorit mereka.

Google juga meluncurkan kemampuan untuk mengirimkan pesan video, dan akan terus meningkatkan kualitas berdasarkan pembelajaran mesin yang membuat video call dengan Duo menjadi sederhana dan dapat diandalkan.

Satu lagi yang menjadi fokus pengembangan Google dalam aplikasi komunikasi dan obrolan, yakni Hangouts Chat dan Hangouts Meet, yang disajikan untuk pelanggan bisnis G Suite.

Belum lama ini Google mengumumkan kemampuan baru Hangouts Meet dalam mengorganisir meeting dengan lebih 100 partisipan. Dalam beberapa bulan ke depan, pelanggan Hangouts Chat bakal misa memasukkan orang di luar organisasi mereka untuk berkomunikasi dengan klien, vendor, mitra, dan lainnya, semua dari satu tempat. (Ant)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!