KA Bush 4141 Antarkan Mantan Presiden AS ke Peristirahatan Terakhir – FAJAR –
Internasional

KA Bush 4141 Antarkan Mantan Presiden AS ke Peristirahatan Terakhir

Wakil Presiden Senior Hubungan Korporat Union Pacific Scott Moore mengatakan, orang-orang akan menggunakan rute kereta pemakaman Bush untuk memberikan penghormatan terakhir pada Bush (AP)

FAJAR.CO.ID – Perjalanan mantan Presiden AS George H.W. Bush menuju tempat peristirahatan terakhirnya dilakukan naik kereta api yang mesinnya secara khusus dibangun untuk menghormatinya semasa hidupnya.

Kereta Union Pacific yang lokomotifnya dijuluki Bush 4141 akan membawanya jasad Sang Mantan Presiden AS ke Perpustakaan Kepresidenan Bush di College Station, Texas.

Lokomotif Bush 4141 adalah lokomotif langka yang dibuat untuk menghormati Bush pada tahun 2005. Salah satu dari segelintir kereta Union Pacific yang memakai skema warna selain abu-abu tradisional dan kuning perusahaan.

Lokomotif yang didedikasikan untuk Bush ini dicat menyerupai Air Force One dengan tubuh putih, segel kepresidenan, dan dan bar vertikal panjang berwarna biru.

Sejak dibangun, lokomotif Bush 4141 telah mengirimkan pengiriman ke 23 negara bagian yang dilayani oleh Union Pacific. Bahkan almarhum mantan presiden pernah mengoperasikan lokomotif itu sendiri.

Perjalanan mantan Presiden AS George H.W. Bush menuju tempat peristirahatan terakhirnya dilakukan naik kereta api yang mesinnya secara khusus dibangun untuk menghormatinya semasa hidupnya (Pacific Union)

Pensiunan Direktur Jenderal Union Pacific Mike Iden mengatakan, ketika sedang tur menggunakan lokomotif Bush 4141 usai pembukaannya pada tahun 2005, Bush berhenti di kabin kondektur.

“Pada saat itu, Presiden Bush berkata, ‘Bolehkah saya menyetirnya?'” Kata Iden. Dengan sedikit pelatihan dan banyak pengawasan, Bush kemudian mengoperasikan kereta senamanya kira-kira dua mil.

Pada hari Kamis, petinya ditaruh di dalam mobil yang ditarik oleh lokomotif Bush 4141 selama hampir 100 mil dari pinggira Kota Houston ke College Station. Perjalanan diperkirakan memakan waktu sekitar dua setengah jam.

Seperti halnya perjalanan kereta api pemakaman bagi para pemimpin politik di masa lalu, orang-orang akan berbaris di sepanjang rel untuk memberikan penghormatan terakhir.

Tradisi semacam itu memiliki sejarah panjang yang berasal dari prosesi pemakaman Abraham Lincoln, yang melintasi 180 kota dan tujuh negara dalam perjalanannya dari Washington, D.C. ke Springfield, Illinois.

Bush akan menjadi presiden pertama yang akan dibawa ke tempat peristirahatan terakhirnya dengan kereta api sejak Dwight Eisenhower dibawa dari Washington DC ke Abilene, Kansas pada tahun 1969. Menurut Union Pacific, jasad mantan Presiden Grant, Garfield, McKinley, Harding dan Roosevelt dan juga diangkut dengan kereta api sebagai bagian dari perjalanan terakhir mereka.

Orang-orang tua mungkin ingat dulu banyak orang yang berbaris, beberapa orang membawa tanda-tanda, orang-orang lainnya berbaris dengan kepala tertunduk. Ini dilakukan untuk menghormati mantan Presiden Robert F. Kennedy saat kereta pemakamannya meluncur di seluruh negeri pada bulan Juni 1968.

Wakil Presiden Senior Hubungan Korporat Union Pacific Scott Moore mengatakan, orang-orang akan menggunakan rute kereta pemakaman Bush untuk memberikan penghormatan terakhir pada Bush dan merefleksikan kehidupan mantan presiden tersebut.

“Perjalanan kereta api khusus ini adalah kesempatan besar bagi orang-orang Texas dan orang-orang di seluruh negeri untuk mengucapkan salam perpisahan terakhir kepada orang hebat ini,” kata Moore. (met/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!