1.697 Rumah Terdampak Puting Beliung, Wilayah Batu Tulis Paling Parah – FAJAR –
Daerah

1.697 Rumah Terdampak Puting Beliung, Wilayah Batu Tulis Paling Parah

Suasana ratusan rumah di Kelurahan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, pasca terjangan angin puting beliung yang menimpa Kota Bogor. (Rangga/Metropolitan/Jawa Pos Group)

FAJAR.CO.ID, BOGOR – Lebih dari 1.600 rumah di 8 kelurahan di Kota Bogor terkena dampak terjangan puting beliung. Pemerintah setempat sudah menyiapkan anggaran Rp 6 miliar untuk tanggap darurat.

“Namun, penggunaannya akan dikoordinasikan terlebih dahulu,” ujar Wali Kota Bogor Bima Arya setelah memimpin rapat koordinasi di Balai Kota Bogor, Jawa Barat, seperti dilansir Radar Bogor kemarin (7/12).

Puting beliung itu terjadi Kamis sore (6/12). Data yang dikumpulkan Pemkot Bogor, 1.697 unit rumah terdampak. Tersebar di delapan kelurahan: Batu Tulis, Lawanggintung, Pamoyanan, Cipaku, Ranggamekar, Sukasari, Baranangsiang, dan Babakan Pasar.

Kelurahan Batu Tulis, menurut Bima, menjadi lokasi terparah. Tercatat 472 unit rumah rusak. Sebanyak 280 unit di antaranya rusak berat. Kemudian, di Pamoyanan 452 unit. Sebanyak 250 di antaranya rusak berat.

Diikuti Kelurahan Cipaku 224 unit, Babakan Pasar 178 unit, Sukasari 139 unit, Lawanggintung 112 unit, Ranggamekar 65 unit, dan Baranangsiang 55 unit.

“Saya instruksikan untuk rekan-rekan di wilayah mendata rumah tersebut sesuai kategori, yang mana rusak berat, sedang, dan ringan. Harus by name by address dan cek juga status kepemilikan tanah agar tidak terjadi masalah baru,” jelasnya.

Menurut Bima, yang menjadi prioritas saat ini adalah menyediakan kebutuhan sandang, pangan, kesehatan, dan kebutuhan air bersih warga. “Kami juga instruksikan dinsos dan BPBD untuk membuka dapur umum,” tuturnya.

Warga terdampak saat ini mulai mengisi posko-posko pengungsian. Pemkot Bogor sudah membuka beberapa posko. Di antaranya, posko di bekas PT IMI Cipaku untuk wilayah Bogor Selatan, kantor Kecamatan Bogor Timur untuk wilayah Bogor Timur, dan kantor Kelurahan Babakan Pasar untuk wilayah Bogor Tengah.

Bima juga membuka partisipasi warga untuk meringankan beban keluarga korban bencana. Berupa pakaian, seragam sekolah, terpal, selimut, obat, pamper, pembalut, karpet, sembako, dan bantuan tunai melalui rekening Dinsos Kota Bogor yang akan segera diumumkan. (gal/c10/ttg/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!