Black Panther Kuda Hitam Golden Globes 2019 – FAJAR –
Hiburan

Black Panther Kuda Hitam Golden Globes 2019

ilustrasi. (net)

FAJAR.CO.ID – Pengumuman nominasi Golden Globes 2019 pada Kamis pagi (6/12) waktu setempat diwarnai banyak kejutan. Hollywood Foreign Press Association (HFPA) -asosiasi yang melaksanakan ajang penghargaan tersebut- menghadirkan banyak nominasi di luar dugaan.

Black Panther, proyek pahlawan super kulit hitam pertama Marvel Studios, sukses masuk nominasi paling bergengsi, Best Motion Picture-Drama. Di samping itu, film arahan Ryan Coogler tersebut menembus dua kategori di bidang musik. Yakni, Best Original Score serta Best Original Song lewat All the Stars, duet Kendrick Lamar dan SZA.

Danai Gurira, pemeran Okoye, jelas bangga film yang dibintanginya mem¬≠borong tiga nominasi sekaligus. “Kami senang banget bisa dapat nominasi itu. Ini adalah pengakuan atas kerja dan visi menakjubkan Coogler,” katanya sebagaimana dikutip Comicbook.

Pada tahun-tahun sebelumnya, film superhero memang pernah mencicipi ajang penghargaan “serius” seperti Golden Globes dan Oscars. Namun, banyak di antaranya yang masuk di kategori teknis.

Misalnya, Suicide Squad yang memenangi Best Make-up and Hairstyling Oscars 2016. Pencapaian paling ikonik, mungkin kemenangan mendiang Heath Ledger di Oscars 2008. Setelahnya, sebatas nominasi.

Yang juga mencuri perhatian, jelas film berkonsep musikal yang rilis di penghujung tahun. Yakni, A Star is Born dan Bohemian Rhapsody. Dua film tersebut tidak cuma berhasil mencuri hati penonton. Pihak HFPA pun ikut kepincut. A Star is Born masuk di lima nominasi, sedangkan biografi karir Queen Bohemian Rhapsody ada di dua nominasi.

Lady Gaga berkomentar singkat. “Thank you so much,” cuitnya. Dia tidak hanya masuk di kategori aktris terbaik. Shallow, lagu duetnya dengan Bradley Cooper, aktor utama sekaligus sutradara A Star is Born, masuk nominasi Best Original Song.

Kejutan Golden Globes 2019 tidak cuma datang dari film superhero dan musik. Setelah 44 tahun, Constance Wu jadi aktris Asia kedua yang masuk kategori Best Actress in a Motion Picture-Comedy or Musical. Di kategori itu, pemeran Rachel Chu di film adaptasi novel Crazy Rich Asians harus bersaing dengan Emily Blunt, Olivia Colman, hingga Charlize Theron.

Film yang dia bintangi juga masuk nominasi Best Motion Picture-Comedy or Musical. Wu jelas senang luar biasa. “Pagi yang membuat ponselku dalam model senyap sampai sekarang… Aku antusias, tapi juga shock!” cuitnya.

Kevin Kwan, penulis novel Crazy Rich Asians, ikut gembira. Dia bangga, proyek adaptasi novelnya mampu meraih dua nominasi. “Berita yang menyenangkan disimak saat kamu bangun tidur. Selamat buat Constance Wu dan seluruh cast dan kru atas nominasi bersejarah ini!” tulisnya di Instagram.

Dalam pengumuman nominasi Golden Globes 2019, Vice jadi pemborong nominasi. Film yang akan dirilis pada pekan Natal itu mampu mengumpulkan enam nominasi.

Film biografi Wakil Presiden Ke-46 Amerika Serikat Dick Cheney tersebut menembus kategori prestisius. Di antaranya, Best Motion Picture, Best Actor di kategori Comedy or Musical, serta Best Director. Pemenang Golden Globes 2019 akan diungkap bulan depan, tepatnya pada 6 Januari waktu setempat. (People/Washington Post/EW/fam/c25/nda/jpnn)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!