Gubernur Kaltim Ogah Kasih Proyek KA ke China – FAJAR –
Daerah

Gubernur Kaltim Ogah Kasih Proyek KA ke China

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Proyek pembangunan rel Kereta Api (KA) sepanjang 300 Km di Kalimantan Timur (Kaltim) masih berjalan ditempat, setelah investor dari Rusia belum memutuskan untuk melanjutkan pembangunan.

Proyek yang menelan dana sebesar Rp 70 triliun itu sempat berjalan, tetapi tiga tahun terakhir ini, proyek tersebut berhenti. Gubernur Kalimantan Kaltim Isran Noor mengakui, ada tim kecil dari Rusia sudah melakukan kunjungan dan pertemuan kembali di Kaltim soal pembangunan proyek KA ini.

“Ada Tim kecil dari Rusia yang akan datang ke Kaltim untuk memastikan, jadi dan tidaknya investasi tersebut di awal 2019,” kata Isran Noor kepada wartawan di Hotel The Stone, Bali, Sabtu (8/12).

Pengakuan Isran Noor ini disampaikan di depan Duta Besar Rudia untuk Indonesia, Lyudmila  Georgievna Vorobieva yang difasilitasi oleh Ketua DPD-RI Oesman Sapta Odang (OSO). Dikatakan Isran Noor, dirinya tidak mengetahui secara jelas hambatan pembangunan proyek tersebut. Padahal, Pemerintah Daerah (Pemda) Kaltim sudah memberikan kemudahan dan memfasilitasi investasi.

“Tidak tahu, kenapa mereka belum mau merealisasikan,” ucapnya.

Namun, Isran Noor tak menampik ada investor lain yang berminat terhadap proyek rel KA. “Saya takkan beri tahu dulu. Nanti saja,” ucapnya.

Didesak kemungkinan China menggarap proyek itu, Isran Noor menegaskan akan memberikan kepada investor lain yang lebih potensial dan berpengalaman. ” China sudah terlalu banyaklah. Yang lain saja, jadi beri kesempatan kepada yang lainnya,” paparnya.

Diakui mantan Bupati Kutai Timur itu, investor yang paling banyak melakukan investasi adalah Singapura, Malaysia dan China. (RGR/Fajar)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!