Lihat Nih Paten Terbaru Samsung, Benar-benar Bezel-Less Tanpa Bingkai – FAJAR –
Teknologi

Lihat Nih Paten Terbaru Samsung, Benar-benar Bezel-Less Tanpa Bingkai

Konsep render Samsung dengan teknologi layar bezel-less. Benar-benar tanpa bingkai. (LetsGoDigital)

FAJAR.CO.ID – Samsung kembali menyentak dunia teknologi. Seperti yang dirumorkan dulu, desain smartphone yang benar-benar tanpa bingkai alias true bezel-less dari Samsung kini telah memperoleh paten.

Sebagaimana dikutip dari laman LetsGoDigital, Sabtu (8/12), paten soal desain smartphone yang benar-benar tanpa bingkai itu telah terdaftar dan diterbitkan World Intellectual Property Office (WIPO). Paten itu diterbitkan pada 29 November 2018 lalu dan menggambarkan smartphone Samsung dengan layar tanpa batas. Pada keempat sisi smartphone hanya tampak permukaan layar.

Menariknya lagi, dari paten tersebut Samsung juga menambahkan dua gambar produk. Ini sangat tidak biasa dengan apa yang disebut paten utilitas. Biasanya kami hanya melihat foto seperti itu dalam paten desain. Namun kali ini paten tersebut sudah berupa gambar dengan menampilkan bentuk smartphone Samsung tanpa bingkai tersebut.

Smartphone Samsung yang dipatenkan itu memiliki tampilan fleksibel membentang dari depan ke empat sisi layarnya. Layar seperti dibengkokkan pada sudut setidaknya 90 dan paling banyak 150 derajat. Dengan lekukan demikian, terlihat sudut smartphone berbentuk membulat dan tampak futuristik.

Meski tampak mustahil, paten Samsung soal smartphone yang memiliki layar hingga ke tepi itu mungkin saja diwujudkan. Pasalnya Samsung juga telah mengungkap smartphone lipat baru-baru ini. Dengan material layar, nyatanya smartphone itu juga bisa dilipat. Karenanya tidak hanya fokus pada bagian depan saja, sisi-sisi smartphone secara keseluruhan juga kemungkinan bisa terbungkus layar.

Selain teknologi layar lipat, seperti pernah diberitakan sebelumnya, Samsung juga tertarik untuk bekerja dengan teknologi di balik layar. Hal tersebut antara lain untuk menempatkan speaker, sensor sidik jari, bahkan kamera tersembunyi di balik panel layar. Dalam gambar tidak terlihat port koneksi headphone, port daya pun demikian.

Dari sana dapat disimpulkan bahwa paten ini mengacu pada style nirkable untuk setiap aspek pengoperasiannya, seperti pengisian daya hingga koneksi earphone dengan bluetooth.

(ryn/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!