Ribuan e-KTP Ditemukan di Duren Sawit, Anies Minta Aparat Telusuri

December 9, 2018

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyayangkan penemuan satu karung e-KTP oleh sejumlah anak di Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur. Dengan penemuan itu, dinilai ada oknum yang lalai.

Anies pun mendorong agar penemuan ini dilaporkan kepada pihak berwenang. Karena hal ini merupakan ranah hukum yang harus ditangani oleh pihak kepolisian.

“Laporkan saja kepada para penegak hukum karena ini problemnya sudah masuk pada kelalaian ranah hukum,” tegasnya di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (8/12).

Menurutnya hal ini perlu diberi perhatian khusus, sebab e-KTP adalah identitas diri warga yang tidak bisa sembarangan diserbar luaskan. Jika nantinya e-KTP yang ditemukan merupakan milik DKI, pihaknya akan melakukan evaluasi internal. Khusunya pada SKPD terkait yakni Dinas Dukcapil.

“Jadi itu semua sudah menjadi perhatian, dari sisi kami akan review kalau ada dokumen Jakarta, nanti kita akan review internal kita,” tegasnya.

Sebelumnya, sejumlah anak-anak yang sedang bermain di wilayah Kampung Bojong Rangkong, RT 003/RW 011 Kelurahan Pondok Kopi di Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (8/12) siang menemukan sekarung e-KTP. Ada ribuan keping e-KTP yang berada di dalam karung beras.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengungkapkan, ada 2.158 e-KTP yang ditemukan. “Benar, e-KTP itu ditemukan dalam karung beras berukuran 20 kilogram,” kata Argo seperti dikutip dari JPNN (Jawa Pos Group), Sabtu (8/12). (rgm/JPC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *