Wapres JK Usulkan Tinjauan Berkala Proyek 2045 – FAJAR –
Nasional

Wapres JK Usulkan Tinjauan Berkala Proyek 2045

Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri Resepsi Proyek 2045 dan Perayaan 10 Tahun ERIA (Economic Research Institute for ASEAN and East Asia) di Hotel Dharmawangsa Jakarta, Sabtu (8/12/2018). (Biro Pers Setwapres)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengusulkan adanya tinjauan secara berkala terhadap proyek pembangunan dan kerja sama Indonesia-Jepang di tahun 2045 yang bertujuan untuk kemajuan masyarakat kedua negara.

“Tahun 2045 nanti akan benar-benar berbeda daripada hari ini, karena itu saya menyarankan harus ada peninjauan berkala untuk penyesuaian yang diperlukan,” kata Wapres JK di Jakarta, Sabtu (8/12) malam.

Melalui program Proyek 2045 tersebut, Wapres mengatakan Indonesia dan Jepang dapat mempersiapkan masa depan yang cerah bagi masyarakat dari kedua negara. Selain itu, Proyek tersebut diharapkan juga dapat membawa Indonesia dan Jepang memiliki peran penting dalam pembangunan dunia.

Dengan adanya tinjauan secara berkala terhadap Proyek 2045 tersebut, kerja sama antara Indonesia dan Jepang diharapkan dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan kedua negara seiring dengan perkembangan ekonomi dan politik global.

“Jadi kita perlu meningkatkan dan memodernisasi perjanjian tersebut, untuk menghadapi dinamika baru perdagangan dunia saat ini. Dalam hal ini, Jepang dapat berkontribusi pada tujuan kita untuk mencapai target,” jelas Wapres.

Proyek 2045 merupakan program kerja sama yang diluncurkan untuk menandai perayaan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang. Program tersebut berupa proyeksi pembangunan Indonesia di bidang ekonomi, politik, dan sosial pada tahun 2045 mendatang.

Wapres JK berharap melalui Proyek 2045 tersebut, pembangunan di Indonesia dan Jepang dapat terwujud dengan memberikan manfaat bagi masyarakat kedua negara, serta meningkatkan hubungan bilateral.

“Saya harap dengan Proyek 2045 kita ini, hubungan yang baik dan ramah antara Indonesia dan Jepang akan semakin meningkat dan membawa manfaat yang saling menguntungkan bagi masyarakat kita,” kata Wapres.

Penelitian terkait Proyek 2045 melibatkan berbagai studi untuk mengidentifikasi tantangan dan potensi pembangunan Indonesia, yang hasilnya akan diserahkan kepada Pemerintah, pembuat kebijakan, akademisi dan publik.

Dalam rangka menyongsong 2045, Indonesia dan Jepang diharapkan dapat mencapai tiga tujuan bersama, yaitu memelihara demokrasi dan menjadi negara maritim terbesar, memasuki posisi lima besar dalam perekonomian global, serta mencapai kualitas hidup lebih baik melalui Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. (Ant)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!