Data Sudah Rampung, Besok KPU ‘Ketok’ DPT Terakhir

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus berpuya menyelesaikan urusan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019. Besok, Sabtu (15/12) mereka akan menggelar rapat pleno final penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan ke-2 (DPTHP-2).

Acara akan digelar di Hotel Menara Peninsula, Slipi, Jakarta Barat, pukul 14.00 WIB. Rencananya acara tersebut akan dihadiri pula oleh partai politik peserta Pemilu.

“Kami sedang mempersiapkan untuk rapat pleno terbuka rekapitulasi nasional,” ujar Komisioner KPU RI, Viryan Aziz di kantor KPU Pusat, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (14/12).

Viryan juga menjelaskan, rapat pleno di tingkat kabupaten/kota dan provinsi sudah rampung seluruhnya. Keseluruhan data pemilu pun dipastikan sudah masuk ke KPU Pusat. Sehingga besok akan dilanjut dengan penetapan di tingkat nasional.

Selain itu, sejumlah masalah pada DPTHP-1 yang muncul pun masih dicermati oleh KPU bersama partai politik. Sehingga diharapkan besok bisa selesai seluruhnya.

“Kami membuka seluruh data, mulai dari (soal data) 31 juta, 1,1 juta, 190 juta untuk dilakukan pencermatan bersama. Mulai dari ingin dicek lagi data gandanya, kalaupun masih ada berapa,” kata Viryan.

Di tempat sama Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, total dari keseluruhan DPT berada di kisaran 191 juta pemilih. Angka ini masih bisa bertambah maupun berkurang sesuai hasil pencermatan bersama.

Selain itu, Arief memastikan bahwa seluruh rekomendasi atas masalah-masalah yang muncul dalam proses penetapan DPT sudah dijalankan. Termasuk adanya potensi 1,6 juta DPT ganda yang disampaikan oleh Partai Gerindra.

“Insya Allah (besok, Red) sudah selesai semua. Kami sudah terima laporan, kami sudah koordinasi juga dengan Bawaslu. Bawaslu juga sudah mengatakan seluruh rekomendasi sudah dijalankan,” tandas Arief.

(sat/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono

Comment

Loading...