MA Vonis 4 Tahun Penjara, Mantan Kadinkes Segera Dieksekusi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, PAREPARE — Kasasi yang dilayangkan Mantan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Parepare, dr Andi Besse Dewagong, akhirnya ditolak Mahkamah Agung.

Pidana korupsi Jamkesda TA 2009-2013 yang menjerat dr Andi Besse Dewagong yang saat ini menjabat Kadis Dinas Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Parepare itu, tercatat merugikan negara sebesar Rp 300 juta.

Dalam putusannya, MA menetapkan terpidana dengan hukuman penjara 4 tahun 6 bulan dengan denda Rp200 juta sesuai Putusan MA No 187-K/PIDSUS/2018. Putusan tersebut lebih tinggi dari tuntutan jaksa 1 tahun 6 bulan.

MA dalam petikan putusan tertanggal 24 September 2018 kepada PT Tipikor lalu ditembuskan Kejari Parepare untuk dieksekusi sesuai putusan MA.

Kepala Kejari Parepare, Andi Darmawangsa membenarkan jika sudah menerima salinan dan petikan putusan terhadap kasus korupsi Jamkesda tahun anggaran 2009-2013.

Adanya petikan putusan sebagai perintah UUuntuk melakukan eksekusi kepada terdakwa.

“Kami sudah menerima petikan putusan dari MA dan saya rekomendasikan ke Kasi Pidsus untuk dilakukan eksekusi terhadap terdakwa. Kalau bukan Selasa mungkin Kamis,”terang Andi Darmawangsa, Kamis (13/12)

Tuntutan jaksa hanya 1 tahun 6 bulan tapi lebih tinggi putusan MA dengan hukuman penjara 4 tahun.

Sebelumnya putusan PN Tipikor hanya 1 tahun penjara dengan denda Rp 50 juta tapi MA putus 4 tahun lebih tinggi dari pada sebelumnya. (smr/bkm/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...