5 Kiat Agar Tidur Lebih Berkualitas

December 16, 2018

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Faktanya, tidur bisa jadi salah satu olahraga terbaik yang bisa Anda berikan pada tubuh. Dengan tidur, Anda dapat memulihkan tenaga sehingga bisa beraktivitas dengan optimal lagi keesokan harinya.

Sayangnya bagi beberapa orang, memenuhi waktu tidur tidaklah mudah. Menurut dr. Sara Elise Wijono dari KlikDokter, tidur yang tidak nyenyak dapat disebabkan oleh:

1. Pencahayaan yang terlalu terang.

2. Kondisi psikis tertentu, seperti gangguan cemas, depresi, atau lainnya.

3. Sedang mengalami penyakit tertentu, seperti gangguan pernapasan, nyeri kepala, atau penyakit lain yang membuat tidur tidak nyaman.

4. Konsumsi obat-obatan tertentu.

5. Berbagai macam gangguan tidur, contohnya insomnia dan sleep apnea.

Anda dapat menerapkan kiat-kiat berikut untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas:

1. Buat jadwal tidur dan bangun yang teratur.

Tetapkan jadwal tidur dan bangun yang teratur setiap hari. Artinya, Anda perlu tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya, sekalipun hari libur. “Tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya akan memprogram tubuh untuk tidur lebih baik,” kata dr. Sara.

2. Ciptakan lingkungan tidur yang baik.

Temperatur, pencahayaan, dan suara sebaiknya dikontrol sehingga membantu Anda mudah terlelap dan tidak terjaga pada dini hari. dr. Sara menyarankan agar Anda mematikan lampu saat tidur. Suhu kamar juga tidak boleh terlalu dingin atau panas.

3. Kurangi kafein.

Asupan berkafein seperti teh dan kopi harus dikurangi. “Efek kafein dapat bertahan hingga 24 jam sehingga bisa menganggu tidur. Minumlah susu hangat sebagai gantinya,” jelas dr. Sara.

4. Jangan merokok dan minum alkohol.

Alkohol dapat mengganggu tidur, begitu pula rokok. “Seorang perokok biasanya sulit untuk terlelap, dan lebih sering mengalami gangguan tidur,” kata dr. Sara.

5. Relaksasi sebelum tidur.

Cobalah untuk melakukan relaksasi sebelum tidur. Bisa dengan mandi menggunakan air hangat, mendengarkan musik yang pelan, atau melakukan yoga. (RS/ RVS/klikdokter/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *