Kenali Gejala Kanker Mulut, Tak Harus Berawal dari Rasa Sakit

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Penyakit kanker menyebabkan penderitanya merasakan nyeri hebat. Namun gejala awalnya, tak selalu terasa sakit sehingga banyak pasien yang datang ke dokter sudah mengalami stadium lanjut atau terlambat. Salah satunya terjadi pada kanker mulut.

Sebanyak 64 persen kanker mulut dapat diawali oleh lesi (luka) pra kanker yang ditandai dengan perubahan warna. Tekstur atau tampilan mukosa mulut normal berwarna merah muda dan kenyal.

Jika terjadi perubahan warna menjadi putih, merah atau kombinasi keduanya. Hal ini dapat menjadi petunjuk adanya lesi yang memerlukan perhatian.

“Hal ini jarang disadari oleh penderita karena selain tidak memperhatikan perubahan warna dan tekstur rongga mulut, penderita juga tidak merasakan sakit, sehingga gejala awal ini diabaikan,” kata Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia, Drg. Rahmi Amtha, MDS, Sp.PM, PhD, dalam konferensi pers baru-baru ini.

Ia menjelaskan, tanda-tanda awal kanker mulut dikenali dengan adanya perubahan warna, tekstur, luka yang tidak sembuh-sembuh lebih dari satu bulan. Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa dirinya menderita kanker rongga mulut karena tidak adanya rasa sakit dan tidak mengetahui tanda-tandanya.

Di Indonesia banyak ditemukan pasien yang menderita kanker rongga mulut dengan lokasi predileksi di lidah. Untuk itu, Ikatan Spesialis Mulut saat ini melakukan edukasi dan sosialisasi yang lebih banyak lagi.

“Masyarakat banyak yang tidak mengetahui tanda-tanda awal kanker rongga mulut, sehingga pada umumnya baru diketahui di tahap kanker stadium lanjut,” jelasnya.

Selain itu, katanya, banyak pasien tidak tahu harus berkonsultasi dengan dokter yang tepat karena tanda-tanda kanker mulut yang tidak terlihat jelas. Hal ini terjadi karena masih rendahnya pengetahuan masyarakat dan kurangnya informasi serta edukasi.

“Mulai tahun ini, ISPMI akan banyak melakukan edukasi dan sosialisasi terkait kanker rongga mulut,” pungkasnya.

(ika/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment