Waspada, Merokok dan Mengunyah Sirih Bisa Picu Kanker Mulut

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Hingga kini dunia medis masih belum bisa memastikan apa penyebab penyakit kanker. Namun seseorang bisa menjauhi segala faktor risiko atau pemicunya. Termasuk penyakit kanker mulut yang juga bisa dipicu dari kebiasaan tak sehat.

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker mulut antara lain adalah merokok. Rokok merupakan salah satu faktor risiko utama dari beberapa jenis kanker dan penyakit degeneratif lainnya.

Tak hanya rokok, mengunyah tembakau, konsumsi alkohol, virus, dan pola makan juga bisa mempengaruhi. Misalnya mengonsumsi makanan berbahan pengawet, pewarna dan penyedap rasa berbahaya.

Latar belakang genetik juga sangat mempengaruhi penyebab kanker mulut. Dalam studi terbaru diungkapkan, kebiasaan menyirih pun disebutkan dapat menyebabkan kanker mulut.

Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia, Drg. Rahmi Amtha, MDS, Sp.PM, PhD, memaparkan hasil penelitian independen terakhir yang dilakukan di Jakarta dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Hasil penelitian menunjukan faktor risiko penyebab kanker mulut di Jakarta dan NTT yang tertinggi adalah merokok, mengunyah sirih, alkohol dan faktor lainnya,” katanya dalam konferensi pers baru-baru ini.

Di NTT penyebab utama tertinggi adalah buah pinang, tembakau dan alkohol. Penderita kanker mulut terbanyak adalah laki-laki berusia di atas 40 tahun.

Selain itu, Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) juga bisa mencegah penyakit kanker mulut. Kebersihan mulut juga menjadi salah satu faktor timbulnya banyak penyakit dalam rongga mulut.

“Kebersihan mulut penting karena rongga mulut manusia tidak terlepas dari berbagai macam mikro organisme. Maka kami terus melakukan edukasi kepada masyarakat,” tutupnya.

(ika/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment