Catat! Ini 23 Lokasi Uji Coba Tilang Elektronik di Makassar

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Ditlantas Polda Sulsel mengebut pelaksanaan tilang elektronik di Kota Makassar. Sebagai langkah awal, petugas akan melakukan uji coba pemberlakuan tilang melalui Closed-Circuit Television (CCTV) mulai besok (18/12).

Kasubdit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Ditlantas Polda Sulsel AKBP Reza Pahlevi menjelaskan, meski bersifat uji coba, proses penilangan kepada masyarakat yang melanggar aturan lalu lintas tetap diberlakukan.

“Langsung kami tindak dengan proses tilang jika ada warga yang melanggar. Ini akan berlangsung seterusnya,” kata Reza Pahlevi, Senin (17/12).

Uji coba sendiri akan berlangsung selama sepekan. Terhitung mulai besok hingga Senin mendatang (24/12).

Uji coba itu akan berlangsung di 23 titik. Namun untuk hari pertama (besok), petugas baru akan menerapkannya di 15 lokasi.

“Launching resminya akan bertepatan dengan berakhirnya masa uji coba. Tapi proses tilangnya tetap seperti biasa,” tambah Reza.

Sebelumnya, Tim Kelompok Kerja (Pokja) tilang elektronik telah berupaya agar penerapan tilang elektronik bisa segera direalisasikan. Anggota tim Pokja, Kompol Amin Toha mengatakan, rencana pelaksanaan bekerjasama dengan instansi terkait. Mulai Kantor POS, Pengadilan, Kejaksaan, Bank dan jajaran instansi lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

“Nanti itu Command Center Polrestabes Makassar yang digunakan untuk mengawasi pengguna jalan yang melanggar. Terutama pelanggaran yang kasat mata, misalnya tidak memakai helm,” kata Amin.

Jika pengendara terbukti melanggar, maka surat-surat kendaraan akan diblokir di Samsat dengan menggunakan aplikasi bersama. Teknisnya, saat pengendara terekam melanggar, polisi akan mendatanya. Mulai hari pelanggaran terjadi, jam, jenis kendaraan, hingga lokasi pelanggaran.

Data tersebut kemudian diteruskan ke instansi lainnya melalui aplikasi bersama. Termasuk Kantor Pos yang mengambil bukti fisik data dan meneruskan ke alamat resmi pelanggar.

“Otomatis pada saat data tersebut masuk, semua instansi terkait juga mengetahuinya. Kemudian dari Kantor Pos mempunyai kewajiban mengantar bukti pelanggaran tersebut ke pemilik kendaraan,” jelasnya.

Terkait surat kendaraan yang diblokir, khususnya STNK, bisa diaktifkan kembali apabila pelanggar sudah membayar denda di bank.

“Kalau nanti ada keluhan pelanggar, bisa memberikan informasi dan konfirmasi ke kepolisian atau instansi terkait lainnya,” tambah perwira polisi dengan satu melati di pundak tersebut.

Berikut lokasi penerapan uji coba tilang eleltronik di Kota Makassar mulai 18 Desember hingga 24 Desember 2018:

1. Simpang Lima Bandara Sultan Hasanuddin, Jalan Perintis Kemerdekaan
2. Simpang Empat Pasar, Daya, Jalan Perintis Kemerdekaan
3. Telkomas, Jalan Perintis Kemerdekaan
4. Fly Over Jalan AP Pettarani
5. Fly Over Jalan Urip Sumoharjo
6. Jalan Lanto Daeng Pasewang-Jalan Ratulangi
7. Rujab Gubernur, Jalan Sudirman
8. Jalan Sudirman – Jalan RA Kartini
9. Jalan Haji Bau – Jalan Ratulangi
10. Jalan Abdesir – SMAN 5 Makassar
11. Jalan Kerung-kerung – Jalan Veteran
12. Jalan Masjid Raya – Jalan Bandang
13. Jalan Andalas – Jalan Tentara Pelajar
14. Jalan Haji Bau – Jalan Penghibur
15. Jalan Bawakaraeng – Jalan Latimojong
16. Jalan Bawakaraeng – Jalan Veteran
17. Jalan Latimojong – Jalan Sungai Saddang
18. Jalan Tentara Pelajar – Jalan Dr Wahidin
19. Jalan Toddopuli – Jalan Anggrek
20. Jalan Ahmad Yani, Depan Mapolrestabes Makassar – Teras Balai Kota Makassar
21. Roof Top, Jalan Ratulangi
22. Jalan Adyaksa – Jalan Pengayoman
23. Jalan Jendral Sudirman, Monumen Mandala

(rul/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...