Pelaku Begal Mappaodang Diamankan Polisi, Rata-Rata Masih Remaja

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Aparat kepolisian dalam hal ini Polrestabes Makassar, Satreskrim, Jatanras, dan  Ditreskrimum Polda Sulsel, berhasil melakukan penangkapan terhadap kelompok pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas) yang dikenal dengan kelompok Mappaodang, pada Kamis 13 Desember 2018.

Alhasil, sebanyak lima pelaku berhasil diamankan. Dimana, A dan AM berperan sebagai eksekutor dan joki. Kemudian AI dan AR sebagai jaga lawan. Lalu BH yang berperan sebagai penadah dari hasil curian.

"Kelompok Curas Mappaodang ini telah melakukan Curas di 15 TKP di Makassar. Juga berhasil diamankan sebuah senjata tajam, dan dua sepeda motor,"ujar Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Wahyu Dwi Ariwibowo saat konferensi pers di Mako Polrestabes Makassar, Senin (17/12/18).

Selain itu, anggota dalam kelompok Mappaodang ini didominasi anak di bawah umur. Dan juga terdapat dua residivis dengan kasus yang sama yakni Curas.

"Kebetulan kelompok ini ada tiga orang masih dibawa umur. Oleh karena itu kita tetap terapkan sistem tindak pidana anak berkaitan dengan aturan penyidikan ini,"terangnya.

Dari hasil pengembangan, pelaku mengaku melakukan Curas tersebut di 15 TKP selama 3 bulan terakhir. Dikatakan Wahyu, kelompok tersebut berhasil diidentifikasi keberadaannya dari kebiasaan mereka kumpul.

"Kelompok ini kami identifikasi berdasarkan  lokasi yang biasa mereka kunjungi, tempat mereka berencana, kumpul,"jelasnya.

Atas tindakannya, para pelaku dijerat Pasal 365 ayat 1 dan 2 tentang pencurian dengan kekerasan. Para pelaku pun di  ancaman hukuman 12 tahun penjara.(sul)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : irwan kahir


Comment

Loading...