Warga di Lokasi PLTB Belum Nikmati Listrik, Ini Penjelasan UPC Sidrap

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SIDRAP – UPC Sidrap Bayu Energi angkat bicara terkait kondisi warga Pabbaresseng, Kecamatan Watang Pulu, Sidrap yang belum menikmati listrik. Pihak manajemen UPC Sidrap mengaku hanya selaku produsen Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB), penyalur listrik adalah domain PLN.

Hal itu disampaikan Press Officer PT UPC Renewables Indonesia, Yermia Riezky melalui pesan whatsapp, Senin, 17 Desember. “Terkait hal itu, PLTB posisinya sebagai produsen listrik, sementara penyaluran listrik merupakan domain dari PLN. Kami tidak bisa menyalurkan langsung pada warga atau konsumen,” ucapnya.

Sementara yang bisa mereka lakukan, kata Yermia Riezky, adalah memberikan bantuan solar panel untuk sekolah dan beberapa perangkat solar kit pada warga. “Itu kita lakukan dalam beberapa kesempatan,” ucapnya.

Daerah perbukitan Pabberesseng yang jadi lokasi proyek PLTB Sidrap, masih ada warga sekitar tak nikmati listrik. Seperti di Dusun II Pabberesseng, Desa Mattirotasi, Kecamatan Watang Pulu yang hanya berjarak enam kilometer dari lokasi kincir PLTB Sidrap milik PT UPC Sidrap Bayu Energi.

Kades Mattirotasi, Zainuddin mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan berulang kali ke PLN. Namun terhambat jarak untuk distribusi tiang listrik. Karena jaraknya sekitar 10 kilometer lebih dari arah Sidrap. “Ini sudah disurvei PLN. Soal akses listrik sebenarnya itu tanggung jawab PLN. Bukan perusahaan atau investor PLTB,” terangnya. (ira)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...