Diperiksa Sampai Menginap, Habib Bahar Bin Smith Jadi Tersangka Lagi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, BANDUNG – Penyidik Polda Jawa Barat menetapkan Habib Bahar Bin Smith sebagai tersangka atas dugaan kasus penganiayaan terhadap dua orang anak di Kampung Kemang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dia akan menjalani pemeriksaan hingga Rabu (19/12) besok.

Habib Bahar tiba di Polda Jabar sekitar pukul 12.00 WIB dan didampingi sekitar sembilan kuasa hukumnya. Habib Bahar Bin Smith masih menjalani pemeriksaan setelah 6 jam di Diskrimum Polda Jabar.

Salah satu kuasa hukumnya Aziz Yanuar membenarkan soal penetapan tersangka Habib Bahar Bin Smith. “Tersangka sudah dari awal dipanggil, ini pemanggilan pertama dan barusan keluar surat penangkapan,” kata Aziz Yanuar usai mendampingi Habib Bahar Bin Smith di Polda Jabar, Bandung, Selasa (18/12).

Walaupun begitu, Habib Bahar masih akan menjalani proses 1×24 jam. Juga menggunakan haknya untuk tinggal di Krimum Polda Jabar. Kemudian akan dilakukan pendalaman pada Rabu (19/12) besok untuk penetapan statusnya.

“Yang jelas besok diperiksa. Pertanyaan kurang lebih 24 materi terkait apa yang dituduhkan pasal 170 junc pasal 351 junc pasal 333 juncto pasal 55 KUHP dan juncto pasal 30 UU tahun 2014,” ujarnya.

Selaku kuasa hukum, Aziz Yanuar pun mengabarkan Habib Bahar saat ini dalam keadaan sehat dan kooperatif dalam pemeriksan. Juga menghormati proses hukum, sabar dan tegar karena ini konsekuensi sebagai publik pigur.

“Upaya masih menunggu dan kemungkinan terburuk sudah kami siapkan. Kita siapkan surat tidak ditahan dan surat jaminan,” jelasnya.

Pihaknya pun minta kepolisian untuk memonitor pihak lain dengan kasus yang sama terkait konsolasi politik. “Misal kasus Victor Lakskodat, Sukmawati dan Abujanda kita minta proposional dimana mereka tidak ditahan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pada pemeriksaan hari pertama, Habib tiba di Polda Jabar pukul 12.00 WIB dan disudahi pukul 20.00 WIB. Kelanjutan pemeriksaan dan pendalaman akan dilakukan besok, Rabu (19/12).

Habib Bahar Bin Smith juga telah ditetapkan tersangka oleh Bareskrim Polri. Dia ditetapkan tersangka atas kasus ujaran kebencian terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi).

(ona/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment