Tahun Depan, Pemprov Sulbar Target Masuk Lima Besar Daerah Peduli HAM

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAMUJU — Beberapa waktu lalu, Pemprov Sulbar berhasil mendapat predikat dan penghargaan atas capaian terhadap kepedulian Hak Asasi Manusia (HAM) oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulbar, Muh Idris, menyatakan, Pemprov Sulbar bertekad mempertahankan posisi sebagai daerah peduli HAM. Sepuluh provinsi termasuk di antaranya Sulbar telah mendapat penghargaan dari Kemenkum HAM ini.

Bagi Sekprov Muh Idris, penghargaan ini sebagai sesuatu yang luar biasa. Dari sepuluh provinsi yang peroleh penghargaan, Provinsi Sulbar menempati peringkat kedelapan.

Ia pun mengajak semua kalangan dalam mempertahankan penghargaan ini. Bahkan ke depan, pemprov Sulbar menarget masuk dalam posisi lima besar secara nasional.

Muh Idris mengatakan, kemajuan suatu daerah ditandai kepedulian daerah atas berbagai elemen terkait pemenuhan HAM.

Dalam dunia pendidikan seperti pemerataan guru di setiap daerah dalam mendapatkan hak pendidikan bagi warga negara, dilanjutkan penyelesaian dan pemenuhan fasilitas serta infrasruktur merupakan hak masyarakat yang harus terpenuhi.

Ia menyampaikan langkah awal yang perlu dilakukan pemerintah daerah ke depan, yakni melakukan pemerataan pembangunan daerah dilanjutkan peduli kepada sektor kesehatan warga, mendukung kecerdasan dan memenuhi hak-hak hidup, seperti sandang, pangan, dan papan yang telah menjadi salah satu kebutuhan dasar dalam pemenuhan HAM.

”Saat ini masih minim dalam memenuhi kebutuhan disabilitas dan masih belum memadai. Hal itu juga merupakan sesuatu yang harus dilakukan pemerintah daerah ke depannya,” ujarnya. (int/bkm/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...