Peringatan 20 Tahun, Film Kuldesak akan Ditayangkan Kembali di 9 Kota

Kamis, 20 Desember 2018 - 13:19 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Memperingati 20 tahun film Kuldesak, Mira Lesmana, Nan T. Achnas, Riri Riza, dan Rizal Mantovani sebagai Sutradara film ini meluncurkan buku. Menurut keempatnya, buku ini akan menceritakan bagaimana bagaimana sebuah karya hadir di tengah situasi ekonomi, sosial dan politik yang tak kondusif.

“Selain untuk menampung arsip-arsip serta dokumen-dokumen Kuldesak yang selama ini tersebar dan tercecer di berbagai tempat, buku ini juga bertujuan untuk menceritakan kembali bagaimana sebuah karya film dikerjakan di tengah kemelut ekonomi, sosial dan politik, dari 1995 sampai 1998. Dan tentunya juga buku ini adalah album kenangan bagi semua yang terlibat dalam proses film Kuldesak,” ujar Riri Riza saat ditemui di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (19/12).

Namun buku ini tidak akan diperjualbelikan. Mira Lesmana mengatakan buku yang penuh sejarah ini hanya akan diberikan secara sukarela. Sebab, harus melalui proses perizinan yang sangat panjang apabila memaksakan untu dikomersilkan.

“Jadi gini nggak bisa dijual karena banyak kontributornya, beberapa kontributor ada diluar negeri. Kalau kami mau menjual proses yang kami lakukan sangat panjang untuk kemudian dapat izin penulisan yang diinginkan. Semuanya memberikan dengan sukarela asalkan tidak dikpmersialisasi,” ungkap Mira.

Dalam acara memperingati 20 tahun film Kuldesak juga akan diisi dengan penanyangan kembali film tersebut. Menariknya, pemutaran film yang akan dilakukan di 9 kota pada 30 Desember mendatang akan menggunakan file hasil digitasi dari materi film print 35mm.

Diketahui, Kuldesak adalah film yang cukup bersejarah dalam industri perfilman tanah air. Film yang tayang pada 27 November 1998 tersebut disaksikan hingga 100 ribu penonton pada masa industri film tanah air tertidur. Bahkan, film ini ditayangkan hingga di kota Bandung, Jogjakarta dan Surabaya. (agi/JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *