Krisis Kemanusiaan Muslim Uyghur, IMM Sinjai Pertanyakan Sikap Presiden RI

Rabu, 26 Desember 2018 - 15:36 WIB

FAJAR.CO.ID, SINJAI — Puluhan kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Sinjai melakukan aksi solidaritas, Rabu (26/12/2018). Aksi ini dilakukan atas terjadinya krisis kemanusiaan terhadap muslim Uyghur di Tiongkok.

Ketua Umum PC IMM Sinjai, Syahril mengatakan, kekerasan yang terjadi dialami oleh muslim Uyghur merupakan tindakan yang tak terpuji dan bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan.

Karena itu, pihaknya mempertanyakan sikap pemerintah Indonesia dalam hal ini Presiden RI yang seolah menutup mata atas kejadian ini. Apalagi yang terkena musibah adalah masyarakat islam.

“Negara lain sudah mengeluarkan kecaman atas kekerasan itu, baik negara islam maupun non islam, tetapi kita Indonesia negara muslim terbesar namun tidak ada reaksi, apakah karena adanya investasi Cina sehingga takut bersurat,” tanya Syahril.

Olehnya itu IMM Sinjai menuntut Presiden RI mengambil sikap diplomatik terhadap negara Republik Rakyat Cina (RRC) atas krisis kemanusiaan yang terjadi. Selain itu menuntut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melakukan intervensi negara Republik Rakyat Cina (RRC) atas krisis kemanusiaan tersebut.

Dan, mengutuk segala macam pelanggaran HAM sebagai amanah konstitusi dalam menjaga perdamaian dunia. Aksi ini diikuti oleh kader dan pimpinan IMM Se-kabuupaten Sinjai. (sir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.