Perayaan Natal, Puluhan Napi Lapas Makassar Dapat Remisi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Puluhan narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 1 Makassar mendapat remisi di perayaan natal dan tahun baru, Selasa (25/12/18).

Tercatat 980 warga binaan di Lapas Klas Satu Makasssar, ada 41 orang yang mendapatkan remisi dalam rangka perayaan natal 2018. Adapun besaran remisi yang didapatkan yakni antara 15 hari hingga 2 bulan.

Kepala Lapas Kelas 1 Makassar, Budi Sarwono, mengatakan, sebenarnya warga binaan di lapas yang beragama nasrani ada 60 orang, tapi yang dapat remisi cuma 41 orang itu.

“Dari penerima remisi, tidak ada yang mendapar remisi langsung bebas. Jadi hanya pengurangan masa tahanan antara 15 hari hingga dua bulan,” kata Budi.

Budi menjelaskan, Dari 41 warga binaan yang mendapatkan remisi, 2 diantaranya tersangkut kasus tipikor. Sementara sisanya terkait pidana umum.

“Adapun salah satu syarat, pemberian remisi yakni warga binaan berprilaku baik, dua diantaranya napi kasus tindak pidana korupsi (tipikor) sebanyaj dua orang, berinisial F dan AHB,” jelasnya.

Keputusan memberikan remisi kata Budi, ada di tangan pusat. Itu sesuai dengan Permen Kemenkumham Nomor 3 tahun 2018.

“Semua keputusan ada di pusat baik itu remisi cuti bersyarat, cuti menjelang bebas, pembebasan bersyarat semua kasus, baik pidana umum maupun pidana tipikor. Lapas hanya mengusulkan ke pusat,” jelas Budi.

Adapun syarat untuk mendapatkan remisi yaitu secara administratif narapidana harus berkelakuan baik. Subtansinya enam bulan mulai menjalani masa putusan. (sul/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...