Resmi Tersangka Pengaturan Skor, Exco PSSI Johar Lin Eng Langsung Ditahan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Johar Lin Eng sudah ditingkatkan statusnya sebagai tersangka dalam kasus pengaturan skor alias match-fixing. Johar Lin Eng kini sudah diamankan oleh Polri.

Kabid Humas Polda Metro Jara, Kombes Argo Yuwono dalam konferensi pers, Kamis (27/12/2018) mengungkapkan, Johar telah dijadikan tersangka kasus dugaan pengaturan skor tersebut.

Penetapan Johar Lin Eng sendiri, sebut dia, setelah tim penyidik melakukan serentetan pemeriksaan terhadap beberapa saksi. Ditegaskannya, per hari besok, Jumat (28/12/2018) Johar Lin Eng akan ditahan.

“Kami sudah memeriksa sekitar 11 orang saksi, dan dari keterangan mereka penyidik melakukan gelar perkara untuk menentukan naik sidik. Setelah itu tim bergerak ke daerah Semarang dan kami menangkap pelaku berinisial P dan inisial A di Pati,” tutur Argo dikutip Pojoksatu.id dari Goal.

Seiring penangkapan kedua tersangka itu, sebut Argo, penyidikan kemudian dikembangkan untuk kemudian mengarah pada Johar Lin Eng.

“Penyelidikan menemukan J dan melakukan penangkapan hari ini, besok baru dilakukan penahanan. Statusnya sudah tersangka,” ujarnya.

Sebelumnya, Johar Lin Eng digelandang Satgas Antimafia Bola ketika tiba di Bandara Halim Perdanakusuma dari Solo. Ia bawa ke Polda Metro Jaya untuk dimintai keterangan dugaan keterlibatannya terkait kasus match-fixing.

Argo menyebutkan, tersangka terancam hukuman lima tahun dan dikenakan pasal Penipuan dan atau penggelapan dan atau tindak pidana suap dan atau tindak pidana pencucian uang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP dan atau UU RI No.11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap dan atau pasal 3, 4, 5, UU RI Nomor 8 Tahun 2010 tentang TPPU.

“Bisa dikenakan pasal penipuan, penggelapan, dan suap. Ancamannya bisa di atas lima tahun,” ucap ketua tim media Satgas Antimafia Bola ini.

(qur/pojoksatu/

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...