Bumblebee Berpotensi Jadi Penyelamat Transformers

Jumat, 28 Desember 2018 - 18:18 WIB

FAJAR.CO.ID – Franchise film Transformers hingga tahun lalu mendapat predikat kurang oke. Namun, tahun ini Bumblebee berhasil menyelamatkannya. Film tersebut menawarkan kisah robot dengan formula berbeda dari pendahulunya.

Alur cerita yang ditawarkan Bumblebee tidak jauh berbeda dengan film scifi lainnya. Kehidupan seorang anak yang punya latar belakang tidak bahagia berubah akibat kehadiran makhluk asing dari luar angkasa.

Cerita Bumblebee dituturkan lewat sosok Charlie Wilson, remaja perempuan yang mengalami trauma akibat kematian ayahnya. Sally, sang ibu, menikah kembali. Wilson tinggal bersama adiknya, Otis.

Kehidupan Wilson berubah setelah menerima kado ulang tahun dari pamannya. Wilson mendapat warisan Volkswagen Beetle 1967 warna kuning. Yang tidak diketahuinya, mobil tersebut merupakan samaran Autobots muda berkode B-127.

Robot itu terdampar di bumi setelah bertempur melawan Blitzwing, salah satu Decepticon. Ketika distarter, mobil kuning tersebut mengirimkan sinyal ke para robot luar bumi.

B-127 langsung diserang dengan brutal oleh Sector 7, agen rahasia milik pemerintah yang bertugas memonitor aktivitas makhluk asing di bumi. Robot-mobil itu mengalami amnesia.

Wilson menamai mobil tersebut Bumblebee sesuai dengan warna hitam-kuning lebah penyengat alias bumblebee. Serangan dari Sector 7 itu menjadi pembuka petualangan Wilson dan Bumblebee.

Jika kisah seri Transformers lekat dengan pertarungan antar-robot, Bumblebee berbeda. Buat penggemar serial animasi klasik Transformers, Bumblebee merupakan proyek film yang menyenangkan.

Setting era 80-an amat terasa. Namun, penonton yang tidak paham tentang animasi maupun film yang terinspirasi robot produksi Hasbro itu juga tidak bakal mumet. Sebab, sutradara Travis Knight dan penulis naskah Christina Hodson meramu cerita dengan padat. Kisah Wilson dan robot B-127 disampaikan runtut. Konflik dan penyelesaiannya jelas.

”Rasa” baru Bumblebee itu memikat para kritikus. Di Rotten Tomatoes, rating-nya mencapai 93 persen. Lebih tinggi daripada Aquaman. Apalagi jika dibandingkan dengan Transformers: The Last Knight yang cuma diganjar 15 persen. ”Akhirnya, ada juga film Transformers yang bisa ditonton,” ulas Scott Tobias, kontributor NPR.

Sementara itu, Mara Reinstein dari Us Weekly menilai bahwa Bumblebee mudah mengena di hati penonton karena menampilkan unsur emosi yang cukup kuat.

Kristen Page-Kirby juga memuji langkah berani Knight, sutradara box office debutan. ”Dia mengurangi segala aspek yang membuat film pendahulunya loyo sambil menambahkan humor dan emosi,” paparnya. (fam/c14/jan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *