Dianggap Homoseksual, Film Dokumenter BTS Batal Tayang di Rusia

Jumat, 28 Desember 2018 - 09:06 WIB

FAJAR.CO.ID – Penggemar BTS di Rusia, tepatnya di Ibu Kota Negara Republik Dagestan, Makhachkala harus menelan kekecewaan karena penayangan film dokumenter BTS, BTS World Tour: Love Yourself in Seoul dibatalkan. Hal tersebut karena ada kelompok yang menganggap grup beranggotakan 7 orang itu merupakan dan/atau mendukung homoseksual.

Hal tersebut diberitakan oleh media The Moscow Times. Media tersebut menulis, negara yang merupakan mayoritas muslim ini membatalkan penayangan film tersebut yang akan dimulai bulan depan di beberapa negara. Di Rusia sendiri, film tersebut akan turut ditayangkan dan dijadwalkan akan naik layar pada 26 Januari 2019.

Film ini juga merupakan versi screen X dari film dokumenter sebelumnya, Burn the Stage: The Movie yang telah sukses ditayangkan sebelumnya. Namun akibat pembatalan ini, penjualan tiket film tersebut di Makhachkala dibatalkan sehari sebelum penjualan dilakukan, berdasarkan laporan bisnis harian dari Kommersant.

Sebab adanya pembatalan ini, para penggemar BTS di Rusia pun direkomendasikan untuk mengunduh salinan filmnya yang tak resmi (bajakan) atau pergi ke daerah lain seperti Grozny atau Chechnya yang lebih dekat.

Para penggemar menilai apa yang dilakukan kelompok tersebut berlebihan. Veriko, 16, bersama 10 orang temannya terpaksa harus pergi ke Grozny agar bisa menyaksikan film idolanya.

“Kami semua berpikir bahwa orang-orang itu tidak punya sesuatu yang bisa dilakukan,” katanya.

Sebelumnya, sebuah kelompok lokal yang menentang perilaku amoral yang berlebihan menulis pendapat mereka di Instagram. Mereka bahkan menggunakan istilah yang merendahkan untuk menggambarkan orientasi seksual yang diakui oleh member BTS.

Kommersant menjelaskan, di Dagestan terdapat beberapa kelompok populer yang menentang orang aneh, suka berpesta pora, modernisasi sesama warga, dan menilai konser tidak sesuai dengan ajaran Islam.

Pemutaran film BTS di Rusia sendiri diawali dengan kampanye di media sosial oleh para penggemarnya. Bioskop Makhchkala sedianya mulai menjual tiket pada 20 Desember, setelah lebih dari 800 penggemar berkampanye agar film dokumenter tersebut bisa tayang di kota mereka.

Rencananya, film BTS World Tour: Love Yourself in Seoul ini akan ditayangkan pada 26 Januari 2019 di beberapa negara. Penjualan tiketnya memang sudah dimulai sejak jauh-jauh hari, termasuk di Indonesia. (dmp/JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *