Gunung Merapi Waspada Level 2, Radius 3 Km Diminta Dikosongkan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Status Gunung Merapi yang mencakup wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Jogjakarta memasuki level waspada. Warga yang tinggal di sekitaran lereng merapi diminta untuk segera pindah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng, Sarwa Pramana menyebut status Merapi saat ini waspada level 2. Sehingga bukan lagi perhatian khusus yang diberikan, namun peningkatan tingkat kewaspadaan. “Radius tiga kilometer dikosongkan,” ujarnya saat dijumpai di kantornya, Kota Semarang, Jumat (28/12).

Status waspada level 2 ini, kata Sarwa, bahkan sudah bertahan selama hampir enam bulan. Tidak seperti pada 2014 lalu yang cuma sebulan saja.

“Ini enam bulan dan ini hampir setiap dua minggu terjadi erupsi kecil-kecilan. Dan itu menjadi tontonan masyarakat, karena melihat langsung lava yang keluar,” sambungnya.

Kendati demikian, Sarwa meyakini saat ini tingkat kesadaran masyarakat sudah lebih tinggi. Kesadaran tersebut diklaimnya berkat sosialisasi dari Badan Penyelidikan dan Pengembangan Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Jogjakarta dibantu komunitas tanggap bencana lainnya.

“Tidak seperti waktu bulan puasa kemarin, terjadi kenaikan level, ngungsi semua. Kepanikan itu mudah-mudahan nggak terjadi, dan alhamdulillah terjadi erupsi dua kali nggak terjadi (kepanikan), tenang masyarakat,” cetusnya. (gul/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...