Jelang Tahun Politik, Apintel Kodam Hasanuddin Harus Netral

Jumat, 28 Desember 2018 - 09:51 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Staf Intelijen Kodam XIV Hasanuddin menggelar rapat koordinasi teknis (Rakornis) bidang Intelijen/Pengamanan, dalam mengantisipasi perkembangan situasi dan kondisi menjelang tahun politik yakni Pilpres dan Pileg, di Balai Prajurit Jenderal M. Yusuf Jl. Jenderal Sudirman Makassar, Kamis (27/12/18).

Rakornis tersebut diikuti sebanyak 102 orang pejabat Intelijen/Pengamanan dari seluruh satuan, serta pejabat Penerangan jajaran Kodam XIV/Hasanuddin itu, dibuka oleh Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi, S.I.P., M.Si. Dihadiri Asintel Kasdam Kolonel Inf Andi Asmara Dewa, Kapendam Kolonel Inf Drs. Alamsyah, M.Si dan para Pabandya/Pabanda Sinteldam XIV/Hasanuddin.

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi, mengingatkan peserta Rakornis yang juga selaku Aparat Intelijen (Apintel), bahwa tantangan tugas kedepan semakin kompleks terutama dalam menghadapi pesta demokrasi Pilpres dan Pileg 2019.

Untuk itu, lanjut Surawahadi, diharapkan aparat di lapangan harus netral serta dapat menjaga dan mengawasi setiap perkembangan situasi di wilayah. Juga terus menjalin komunikasi dengan berbagai komponen lainnya, dalam menjaga kondusifitas wilayah.

“Apintel harus peka dan memahami setiap perkembangan di wilayahnya, karena Apintel merupakan mata dan telinga satuan. Keberadaannya, sangat berpengaruhi terhadap satuan karena Intelijen memberikan informasi yang akurat, tepat dan relevan, sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan pimpinan,” ujar Pangdam.

Tak hanya itu, Pangdam juga berharap kepada Apintel untuk menjaga hubungan dan komunikasi yang baik dengan wartawan di wilayah, sehingga dapat bersinergi dalam membangun dan menciptakan kondisi wilayah yang aman dan kondusif.

“Ingat bekerja dalam rangka mengamankan wilayah, itu termasuk bagian dari Ibadah,” Pangdam. (sul/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.