Lima Pendiri PAN Minta Amien Mundur, Fadli Zon: Saya Kira Tidak Etis

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon geram atas tingkah laku lima pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) yang meminta Amien Rais mundur dari jabatannya. Menurut Fadli, permintaan tersebut tidak relevan.

Sepengetahuan Fadli, kelima pendiri partai ini bukan lagi anggota aktif partai. Sehingga menurutnya, tidak etis memberikan tuntutan kepada partai.

“Saya kira orang yang sudah mundur, terus kemudian itu (meminta Amien mundur, Red) tidak etis ya,” ujar Fadli di kompleks DPR RI Senayan, Jakarta, Jumat (28/12).

Di sisi lain, Fadli melihat Amien telah banyak berkontribusi kepada PAN. Amien dinilainya menjadi tokoh yang turut membesarkan partai berlambang matahari terbit itu.

“Pak Amien Rais orang yang konsisten di dalam perjuangannya termasuk dalam partainya di PAN. Itu orang yang konsisten dan selalu berada di jalur keputusan-keputusan partainya,” imbuhnya.

Wakil Ketua DPR RI itu justru melihat kelima pendiri PAN memiliki kepentingan politik meminta Amien mundur. Pasalnya mereka merupakan pihak yang mendukung petahana Joko Widodo (Jokowi).

“Mereka itu saya kira bagian dari satu pendukung petahana untuk memecah-belah partai yang mendukung Pak Prabowo. Jadi, tidak lain dan tidak lebih daripada itu,” jelasnya.

Atas dasar itu, Fadli tidak segan menyebut Goenawan Mohamad dan kawan-kawan itu dengan julukan parasit, yang merusak kondisi demokrasi.

“Jadi, mereka ini parasit dari demokrasi gitu. Kalau mau, terjun dong, bertarung di gelanggang, di partai politik. Itu ya kalau merasa bagian dari partai politik itu,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, lima pendiri PAN yakni Abdillah Toha, Albert Hasibuan, Goenawan Mohammad, Toeti Heraty dan Zumrotin‎ meminta Amien Rais mundur PAN.

“Untuk itu barangkali sudah saatnya Saudara (Amien) mengundurkan diri dari kiprah politik praktis sehari-hari,” ujar Goenawan Mohammad dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com (Grup Fajar), Rabu (26/12). (sat/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...