Kota-kota di Indonesia Terkena Dampak Gempa 7,1 SK di Filipina

Sabtu, 29 Desember 2018 - 14:09 WIB

FAJAR.CO.ID, MANADO – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa bermagnitudo 7,1 terasa hingga Sulawesi dan Maluku Utara, yang terjadi pada Sabtu (29/12/2018).

Setidaknya pada gempa tersebut, sejumlah kota merasakan guncangan diantaranya Molonguane Talaud, Tahuna Sangihe, Siau Sitaro, Tobelo, Morotai, Manado, Ternate, dan Jailolo.

Dimana gempa tersebut berpusat di 201 kilometer timur laut Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, di kedalaman 69 kilometer.

“Ditinjau lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa ini dipicu oleh aktivitas subduksi Lempeng Laut Filipina yang menunjam ke bawah Pulau Mindanao, Filipina,” terang Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, Sabtu (29/12/2018) siang.

Selain terasa di beberapa wilayah Indonesia, gempa juga dirasakan di Provinsi Davao Oriental dan Davao Ocidental, Filipina dalam skala intensitas V MMI.

Sementara itu, hal yang sama diterangkan BMKG melalui akun twitter dimana gempa tersebut dirasakan di Melonguane Talaud IV MMI, Tahuna Sangihe III-IV MMI, Siau Sitaro, Tobelo, Morotai III MMI, Manado, Ternate, Jailolo II MMI.

BMKG mengimbau untuk masyarakat di Kepulauan Sangihe dan Talaud untuk tetap tenang dan tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab, karena gempa ini tidak berpotensi tsunami di wilayah Indonesia. (ade/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.