Dipagari Sistem, Kubu 02 Sebut Moderator Dan Panelis Tak Bisa Curang

Senin, 31 Desember 2018 - 15:13 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pemilihan moderator dan panelis debat perdana Pilpres 2019 diwarnai dengan sejumlah kegaduhan. Mulai dari moderator yang dianggap pernah berlaku tidak adil, hingga panelis yang dinilai memiliki keberpihakan kepada pasangan calon tertentu.

Terkait itu, Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan tak mau meributkan hal ini lagi. Dia menghormati keputusan yang dibuat oleh KPU.

“Yang jelas kami menghormati usulan-usulan yang disampaikan teman-teman media juga oleh KPU, posisi kami tidak ingin bersuudzon (buruk sangka, Red),” ujar Dahnil saat dihubungi JawaPos.com (Grup Fajar), Senin (31/12).

Dahnil menyakini siapapun moderatornya pasti memiliki sifat tidak ingin merusak kualitas demokrasi dengan berbagai kecurangan. Pun demikian dengan para panelis.

Namun, jika mereka tetap menyalahgunakan jabatannya, mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah itu menyerahkan penilaian sepenuhnya kepada publik. Menurutnya rakyat saat ini sudah pintar, bisa melihat jika ada ketidakadilan selama proses debat.

“Ketika mereka melakukan hal-hal yang tidak patut atau merugikan salah satu kandidat, publik akan menilai mereka ya buruk, demikian juga dengan para panelis,” tegasnya.

Di sisi lain, Dahnil menyakini jika kesempatan seorang moderator dan panelis untuk berbuat curang sangat kecil terjadi. Sebab tatanan debat sudah diatur ketat oleh KPU.

Moderator tidak bisa begitu saja berimprovisasi mengajukan pertanyaan kepada pasangan calon, karena list pertanyaannya sudah disediakan panitia. Sedangkan para panelis juga hanya berperan sebagai pembuat pertanyaan yang nantinya dikeluarkan secara acak dan dipertanyakan kepada pasangan calon.

“Sistemnya sudah terbangun dengan baik. Kami melihat sedikit sekali peluang para panelis dan moderator melakukan hal-hal yang merugikan. Tapi kami ya sudah menyerahkan saja penilaian kepada publik,” tandas Dahnil.

(sat/JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.