Inilah Jejak Karier Politik KH Ma’ruf Amin Sebelum Jadi Cawapres

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Tak banyak yang mengetahui karier politik dari seorang KH Ma’ruf Amin, kendati saat ini populer sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) dari Calon Presiden (Capres) Joko Widodo.

KH Ma’ruf Amin saat ini dikenal sebagai mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI). Akan tetapi, sejatinya kiprah politik dari laki-laki kelahiran Kresek, Tangerang Banten ini sudah dimulai sebelum menjabat Ketua MUI yang ke-7 sejak 27 Agustus 2015.

Kiprah KH Ma’ruf Amin dalam dunia politik terbilang banyak. Anggota Dewan Perimbangan Presiden ini telah menjadi Anggota DPR RI dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sejak 1973 sampai 1977. Dan Ketua Fraksi DPRD DKI Jakarta dua periode di jaman Ali Sadikin.

Alumni dari Fakultas Ushuluddin Universitas Ibnu Chaldun, Bogor ini pernah menjabat sebagai Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Pada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), KH Ma’ruf Amin yang merupakan Ketua Harian Dewan Syariah Nasional MUI  dikenal selaku Pendiri dan Ketua Dewan Syuro pra Gusdur.

Rais Aam PB Nahdlatul Ulama pada 2015 ini juga menjabat di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI sebagai utusan dari partai Golongan Karya (Golkar). (sul/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...