Kedok Investasi, Perempuan Ini Kerjasama dengan WNA Asal Nigeria Tipu Korbannya

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Seorang perempuan bernama Hanny Armita diamankan Direktorat Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Sulsel terkait penipuan online sindikat internasional, di sebuah apartemen di Jakarta pada Kamis 20 Desember 2018 lalu.

Perempuan asal Bengkulu ini melakukan penipuan berkedok investasi yang bekerjasama dengan Ernest B Johnson alias Chiko, seorang warga negara Nigeria yang saat ini masih DPO.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan bahwa kasus ini bermula dari Marthinus Misi (korban) melapor ke Polda Sulsel. Korban mengaku melakukan chatting di facebook oleh seorang pelaku yang mengaku orang Inggris.

“Dia (pelaku) juga menggunakan nomor telepon Inggris. Kemudian kenyataanya pelaku ini adalah warga negara Nigeria,”kata Dicky saat konferensi pers di Mako Polda Sulsel, Jumat (4/1/19)

Pelaku Chiko menjanjikan akan menginvestasikan dana sebesar 1,2 juta U$ Dollar. Supaya dana tersebut dicairkan, lanjut Dicky, korban harus membayar pajak, dan pajak tersebutlah yang dikirim ke berbagai rekening orang Indonesia yang telah disiapkan untuk ditampung.

“Jadi total kerugian yang dialami korban sebanyak 655 juta rupiah. Dan uang yang sudah ditampung dibeberapa rekening itu akan ditransfer lagi ke rekening Chiko, dan nanti mereka mendapatkan fee sekian persen,”bebernya.

Untuk itu, kata Dicky, pihaknya akan melakukan notice melalui interpol Nigeria untuk melakukan penangkapan terhadap Chiko. Dari penangkapan tersangka ini diamankan barang bukti 11 unit hp, satu unit laptop, uang tunai 20 juta rupiah, 16 buku tabungan, 4 uang kertas dollar, dan dua kartu ATM.

Akibatnya, tersangka pun dijerat Pasal 28 ayat 1 Jo Pasal 36 Jo Pasal 51 ayat 2, dan atau Pasal 35 Jo Pasal 51 ayat 1 UU RI nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI nomor 11 tahun 2008 Tentang ITE Jo Pasal 55 KUHP.

“Kita harapkan kepada masyarakat untuk tidak percaya atas investasi melalui media sosial. Ini akan kita kembangkan terus,”pungkas Dicky. (sul/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...