Masih Stres Usai Liburan? Ikuti 4 Langkah Ini Agar Pulih – FAJAR –
Kesehatan

Masih Stres Usai Liburan? Ikuti 4 Langkah Ini Agar Pulih

Setiap orang masih sering mengalami stres pasca liburan. (unsplash)

FAJAR.CO.ID – Liburan sebenarnya ditujukan untuk berelaksasi dan bersenang-senang. Kembali ke rutinitas tentu membuat sebagian orang cemas.

Banyak yang dipikirkan seperti kecemasan finansial, disfungsi keluarga, dan pekerjaan. Menurut para ahli, kunci untuk mengatasi stres usai liburan adalah mengelola periode transisi Anda secara efektif dan mengenali stres yang dialami.

Dilansir dari Bustle, Sabtu (5/1), berikut adalah enam cara untuk menormalkan perasaan agar lancar kembali ke rutinitas dengan baik.

1. Kenali Stres yang Dialami

Anda perlu mengetahui apa yang terjadi selama periode liburan. Ingatlah bahwa kembali bekerja setelah liburan akan selalu berhadapan dengan masa transisi.

Jangan berkecil hati, Anda memang butuh waktu untuk mengetahui apa yang sedang terjadi. Cobalah untuk tetap fokus dan positif, dan jika Anda merasa kewalahan, istirahatlah. Ambillah segalanya dengan perlahan dan jangan dulu berekspektasi tinggi terhadap kinerja Anda sendiri.

2. Berikan Batas Diri Anda

Batasan adalah cara yang baik untuk mengelola setelah liburan yang penuh tekanan. Prioritaskan pekerjaan yang menurut Anda dapat hadapi.

3. Mengingat Pengalaman Saat Liburan

Orang-orang yang baru saja melakukan liburan yang bahagia dapat merasa sulit untuk kembali ke ‘dunia nyata’. Pakar meditasi Tristan Elizabeth Gribbin menulis untuk Harvard Business Reviewbahwa meditasi dan memori dapat menjadi alat yang ampuh.

Luangkan waktu untuk mengingat beberapa pengalaman terbaik dari perjalanan Anda. Melalui cara itu, Anda dapat memotivasi diri sendiri untuk siap melakukan pekerjaan yang dihadapi.

4. Luangkan Satu Hari untuk Beristirahat

Masuk kerja kembali adalah salah satu tugas yang paling menantang dan bukan sesuatu yang harus segera Anda selesaikan. Luangkan sehari di antara liburan dan kembali bekerja akan memungkinkan Anda untuk beristirahat. Manfaatkan waktu Anda di rumah. Dapat dipastikan pergi ke kantor dengan segar dan siap bekerja.

(JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!