3 Rahasia Awet Muda Pendiri Mustika Ratu di Usia 91 Tahun

Minggu, 6 Januari 2019 - 08:48 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Siapa yang tak ingin terlihat cantik di usia tua? Kaum hawa biasanya mendambakan kulit tetap kencang. Salah satu caranya yakni merawat wajah dirawat sejak dini dari dalam dan luar tubuh.

Seperti halnya Mooryati Soedibyo, pendiri PT Mustika Ratu dan Yayasan Puteri Indonesia yang baru saja merayakan ulang tahunnya ke-91. Ia terlihat masih sehat, gigih, dan awet muda.

Perempuan keturunan Keraton Surakarta ini sudah dikenal dengan hal yang berkaitan tentang kecantikan dan jamu tradisional. Sejak kecil Ibu Mooryati telah membiasakan minum jamu yang diramu oleh mba Nyai Sri Mulki, seorang ahli herbalis, abdi dalam keraton.

Tapi selain itu, ada lagi kah rahasia ibu Mooryati? Agar tak penasaran dan semakin menginspirasi Anda, berikut tiga tips awet muda Ibu Mooryati.

1. Olahraga

“Dengan rajin berolahraga, tubuh tidak hanya dapat mengeluarkan racun-racun tetapi juga dapat memproduksi hormon-hormon pemicu rasa bahagia seperti dopamine dan serotonin,” kata Ibu Mooryati Soedibyo, ketika ditemui di acara perayaan ulang tahun yang ke-91 di Jalan Mangunsarkoro, Jakarta, Sabtu (5/1).

Tidak hanya dengan olahraga fisik tetapi juga olahraga mental. Ia menyempatkan diri melakukan meditasi dan berdoa agar fisik dan jiwanya terhindar dari tekanan.

2. Berpuasa

Selain berolahraga ia juga memiliki kunci awet muda yaitu mengeluarkan racun tubuh dengan cara lain. Menurutnya berpuasa merupakan cara paling mudah untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

3. Minum Jamu

“Sejak muda saya rajin minum jamu, saat ini pun saya masih rajin,” kata Ibu Mooryati. Ia mengatakan bahwa biasanya jamu yang diminum yaitu beras kencur yang dibuat sendiri di rumah.

Kesuksesan membuat jamu memang sudah tidak perlu ditanya lagi. Ia meramu sendiri sejak dari nol hingga ia mendirikan perusahaan jamu dan kosmetik tradisional yang sudah berkembang sampai saat ini.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.