Campurlah Jahe dan Kunyit dalam Secangkir Teh, Raih 6 Khasiatnya – FAJAR –
Kesehatan

Campurlah Jahe dan Kunyit dalam Secangkir Teh, Raih 6 Khasiatnya

Bukan sekadar bumbu masak, ramuan jahe dan kunyit dalam bentuk teh bisa menyehatkan tubuh dan dipercaya menyembuhkan berbagai penyakit. (Organic Facts)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kunyit dan jahe bukan hanya rempah untuk membumbui masakan. Akan tetapi keduanya juga dipercaya sebagai obat dan kesehatan. Rebusan teh jahe dan kunyit buatan sendiri di rumah bisa menyehatkan tubuh dan dipercaya menyembuhkan berbagai penyakit.

Dilansir dari Standard Media, Minggu (6/1), membuat teh jahe kunyit bisa dilakukan dengan cara sederhana. Cukup dengan menyiapkan sejumlah bahan-bahannya, seperti :

1 gelas air panas

1 ruas jahe

1 ruas kunyit

1 sendok teh madu atau lemon

1 sendok teh lada hitam

Lalu campur semuanya setelah dibersihkan. Dan rebus selama 20-30 menit.

Teh jahe kunyit adalah jenis minuman sehat dan memiliki nilai gizi yang sangat kuat. Di antaranya, zat besi, kalsium, magnesium dan tembaga. (keeprecipes.com)

Teh jahe kunyit adalah jenis minuman sehat dan memiliki nilai gizi yang sangat kuat. Di antaranya, zat besi, kalsium, magnesium dan tembaga. Lalu apa khasiatnya?

 

Mencegah Kanker

Teh jahe kunyit dipercaya mencegah kanker. Jahe telah terbukti memperlambat perkembangan beberapa jenis kanker khususnya yang mempengaruhi sistem pencernaan.

 

Perawatan Kulit

Digunakan untuk perawatan kulit seperti mencegah jerawat, eksim, dan psoriasis. Jahe di dalam teh bersifat anti-bakteri dan anti-oksidan yang melindungi kulit dari infeksi sambil merangsang sel-sel baru serta mencegah tanda-tanda penuaan.

 

Menyehatkan Pencernaan

Jahe memiliki sifat antiinflamasi kuat yang membantu menenangkan perut, mengurangi mual, dan meningkatkan pencernaan yang sehat. Teh jahe kunyit dapat membantu merangsang gerakan peristaltik dan menghilangkan kram dan kembung, yang juga dapat menghilangkan gejala sembelit. Teh jahe kunyit juga dapat membantu mengobati sindrom iritasi usus, penyakit asam lambung, dan sakit maag.

 

Kontrol Gula Darah

Jahe dan kunyit mampu mengatur gula darah. Ketika dikombinasikan, mereka lebih efektif untuk mengelola gejala diabetes.  Teh jahe kunyit mencegah lonjakan berbahaya dan penurunan gula darah.

 

Kekuatan Berpikir

Jahe kunyit dipercaya meningkatkan daya fokus dan meningkatkan kekuatan kognitif di otak manusia. Antioksidan yang hadir dalam dua bahan ini memiliki kemampuan untuk melawan penyakit neurologis tertentu.

 

Mencegah Kolesterol

Keduanya bersifat anti-kolesterol karena merangsang pemecahan kolesterol. Sehingga mengurangi kadar kolesterol darah dalam tubuh. Jahe juga membantu dalam mencegah pembekuan darah dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

 

(JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!