Buktikan 6 Khasiat Sehat Daun Salam Lewat Masakan Sehari-hari – FAJAR –
Kesehatan

Buktikan 6 Khasiat Sehat Daun Salam Lewat Masakan Sehari-hari

Daun salam digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. (Snopes.com)

FAJAR.CO.ID – Daun salam bukan hanya bumbu dapur penyedap masakan. Tapi fungsinya sebagai obat sudah dipercaya sejak dulu. Daun salam digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

Kandungan vitamin A dan C bersama dengan asam folat serta berbagai mineral membuat daun salam kaya nutrisi. Tambahkan daun salam ke dalam kaldu sup, kari, hidangan nasi, dan makanan lezat lainnya untuk memaksimalkan fungsinya. Tidak hanya memberikan rasa yang kuat pada hidangan, tetapi juga memberikan manfaat sehat seperti dilansir dari NDTV, Selasa (8/1).

 

  1. Meningkatkan Pencernaan

Daun salam memiliki efek kuat pada sistem pencernaan. Sehingga membantu mengurangi toksisitas tubuh dan membuatnya berfungsi dengan baik. Senyawa organik yang ditemukan dalam daun salam efektif untuk mengatasi sakit perut dan menenangkan sindrom iritasi usus besar (IBS). Enzim unik hadir dalam daun ini menyehatkan pencernaan.

 

  1. Ramah Jantung

Senyawa organik termasuk asam caffeic yang ditemukan di daun salam meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan itu memperkuat dinding kapiler di jantung dan selanjutnya menghilangkan LDL atau kolesterol jahat dari sistem kardiovaskular.

 

  1. Baik Bagi Penyandang Diabetes

Menurut Journal of Clinical Biokimia dan Nutrisi, 1-3 gram daun salam per hari selama 30 hari bisa membuat penurunan glukosa darah, kolesterol, dan trigliserida. Daun salam bertanggung jawab untuk meningkatkan fungsi insulin, yang merupakan keuntungan bagi penderita diabetes.

 

  1. Atasi Stres

Untuk mengelola stres dengan lebih baik, tambahkan daun salam ke dalam menu harian. Kehadiran linalool dapat menurunkan tingkat hormon stres dalam tubuh. Daun ini menenangkan diri dan memerangi gejala depresi.

 

  1. Melindungi Tubuh dari Peradangan

Salah satu manfaat terpenting daun salam adalah memiliki sifat antiinflamasi. Berkat kehadiran phyto-nutrisi unik yang disebut parthenolide dapat mengurangi peradangan secara signifikan. Salah satunya radang sendi.

 

  1. Penyembuh Luka Alami

Menurut BMC Complementary dan Pengobatan Alternatif, daun salam memiliki sifat antimikroba yang menyembuhkan luka. Luka ringan bisa disembuhkan dengan daun salam.

 

Tips Memasak:

Tambahkan daun salam sebagai bagian dari menu harian. Tambahkan 2-3 daun salam kering dalam hidangan. Atau bisa juga meminum rebusannya.

 

(JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!