Cegah Kantung Mata, Ubah Kebiasaan Tidur Larut Malam

Selasa, 8 Januari 2019 - 08:28 WIB

FAJAR.CO.ID, TULUNGAGUNG – Kantung mata menjadi salah satu masalah yang dikhawatirkan sebagian besar wanita. Betapa tidak, meski tidak menimbulkan rasa sakit, kantung mata ini bisa mengurangi rasa percaya diri (pede) dan mengganggu penampilan karena wajah terlihat kurang fresh dan tua.

Kantung mata atau lingkaran hitam di sekitar mata selama ini identik dengan orang yang sering kerja larut malam sehingga kurang tidur. Padahal, kantung mata tak hanya disebabkan hal itu. Diketahui bisa karena terlalu lama bekerja di depan komputer, kurang minum air putih, dan lainnya. Dalam beberapa kasus, penyebab kantung mata bisa karena genetik atau keturunan dan proses penuaan.

Salah satu owner salon kecantikan di Desa Trenceng, Kecamatan Sumbergempol, Vivi Suwartiningtyas menjelaskan, biasanya kantung mata itu berupa pembengkakan ringan, kulit kendor, dan berwarna kehitaman pada kelopak mata bagian bawah sehingga mengganggu penampilan. Karena itu,  sebagian besar orang berupaya menghilangkan kantung mata ini.

Dalam perkembangan teknologi dan kecantikan, banyak perawatan yang ditawarkan agar bisa menuntaskan permasalahan tersebut. Tapi sebelum mengeluarkan biaya banyak, lebih baik mencegahnya agar timbul. “Salah satunya mengubah gaya hidup tak sehat. Misal mengubah kebiasaan tidur larut malam,” jelas Vivi.

Sebab, dengan tidur berkualitas yakni sekitar 8 jam, maka berdampak baik pada kesehatan pula. Selain itu, perbanyak air putih agar kulit atau tubuh tidak dehidrasi. Dan paling penting, jaga pola makan, rutin olahraga, serta batasi aktivitas yang melelahkan. “Kebanyakan kasus kantung mata itu karena proses penuaan. Sehingga cairan menumpuk di bawah mata,” katanya

Sementara itu, salah satu warga, Ilma Hayyu, warga Desa Tanjungsari, Kecamatan Boyolangu mengatakan, di usianya yang muda mengaku memiliki dua kantung mata. Lantas itu mengurangi rasa percaya diri karena mengganggu penampilan. Itu dia dapat tanpa disadari.

Kata dia, faktor utama yang menyebabkan kantung mata muncul karena kebiasaan tidur larut malam. “Ya ini sudah mulai mengubah kebiasaan. Tapi memang memiliki kantung mata seperti ini tampak wajah terlihat kurang fresh dan itu mempengaruhi rasa percaya diri,” jelasnya.

 

(rt/lai/did/JPR/JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *