Ma’ruf Amin Yakin Empat Isu Ini Bakal Didebatkan di Pilpres

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tinggal menghitung hari, debat pertama Calon Presiden (Capres) 2019 akan dihelat pada 17 Januari 2019 mendatang. Meski sudah ditentukan waktu debat, namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menentukan isu-isu apa saja yang bakal menjadi materi perdebatan nanti.

Meski belum diketahui isu atau masalah yang diangkat dalam debat, calon Wakil Presiden (Cawapres) Ma’ruf Amin meyakini empat isu yuang santer menjadi masalah utama di bangsa ini akan dijadikan sebagai materi debat.

Empat isu yang dimaksud Ma’ruf Amin adalah isu hukum, pelanggaran Hak Asasi manusia (HAM), korupsi hingga masalah terorisme yang terus mengancam kedaulatan bangsa. “Misalkan tentang hukum, korupsi, tentang HAM, terorisme itu nanti seputar itu akan diperdebatkan, jadi ada beberapa yang disiapkan, tetapi nanti dikembangkan lagi,” kata Ma’ruf Amin kepada wartawan di Jalan Cirebon, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (8/1).

Meski begitu, pasangan Joko Widodo ini menyerahkan sepenuhnya isu atau materi yang akan didebatkan kepada KPU selaku penanggung-jawab. Pihaknya, kata Ma’ruf Amin hanya menunggu dan menyiapkan diri untuk melakukan perdebatan.

“Materi debat apa kira-kira kita perkirakan apa yang akan didebatkan sambil menunggu pertanyaan-pertanyaan yang akan didrop dari KPU ya. Soal jumlah pertanyaan, tetapi belum tau apa yang mau dipertanyakan, kita harus menyiapkan diri saja,” ucapnya.

Diketahui, KPU telah memutuskan untuk memberikan bocoran pertanyaan kepada pasangan calon dalam debat Capres-Cawapres nanti, baik debat pertama hingga diakhir nanti. (RGR/Fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : RBA


Comment

Loading...