Tidak Ada Kerusakan dan Korban Jiwa saat Gempa 5,4 SR di Sukabumi

FAJAR.CO.ID, SUKABUMI - Gempa bumi berkekuatan 5,4 skala richter (SR) di Sukabumi, pukul 16.54 WIB, Selasa (8/1) tidak berdampak kerusakan dan korban jiwa. Bahkan tidak menunjukan adanya gempa susulan.

Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar, Budi Budiman mengatakan wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa diguncang gempa bumi tektonik. Informasi awal gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 5,4 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi magnitudo 5,0.

Dengan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,83 LS dan 106,44 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 93 km arah selatan Kota Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jabar.

"Dari hasil pemantauan sampai pukul 17.43 WIB, sementara tidak ada dampak baik korban jiwa ataupun kerusakan dan kerugian harta benda, juga tidak mengganggu kehidupan dan penghidupan," kata Budi, Selasa (8/1).

Namun berdasarkan pemantauan dan koordinasi dengan Kabupaten/Kota terus dilakukan. Bahkan hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempa bumi susulan.

"Untuk itu kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi BMKG," ujarnya.

Berdasarkan data Pusdalop BPBD Jabar, 12 Kota Kabupaten di Jawa Barat merasakan guncangan gempa bumi tersebut. Diantaranya Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Tasikmalaya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono


Comment

Loading...