5 Cara Sehat Minum Kopi dan Teh yang Bisa Bikin Langsing – FAJAR –
Kesehatan

5 Cara Sehat Minum Kopi dan Teh yang Bisa Bikin Langsing

Teh dan kopi dipercaya bisa membuat tubuh langsing. (Absolute Health)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Teh dan kopi adalah dua minuman favorit masyarakat dunia. Ternyata keduanya juga bisa menjadi solusi untuk menurunkan berat badan lho. Kok bisa?

Jumlah cangkir kopi yang ditoleransi untuk dikonsumsi adalah 3 hingga 4 cangkir per hari. Penelitian menunjukkan bahwa 400 mg kafein sehari aman bagi orang dewasa. Jumlah ini 4 sekitar cangkir kopi yang diseduh.

Sedangkan teh, di sisi lain mengandung jauh lebih sedikit kafein. Seseorang boleh minum hingga 6 cangkir teh hitam per hari dan masih tetap dalam asupan kafein yang sehat.

Intinya, baik teh ataupun kopi hitam lebih baik diminum tanpa gula untuk mendapatkan manfaat kesehatan dan tidak menambah asupan kalori. Rata-rata kopi dengan susu dan satu sendok gula mengandung 30 kalori. Sementara jika kopi tanpa susu dan gula hanya 2 kalori. Hal yang sama berlaku untuk teh.

Dilansir dari Citizen, Rabu (9/1), ada lima cara untuk minum teh dan kopi yang tetap membuat tubuh langsing. Di antaranya,

Cara 1

Secangkir kopi hitam tanpa pemanis. Ini membangunkan sistem daya tahan tubuh, membuat saluran pencernaan berjalan, dan memberikan semangat untuk memulai hari dengan awal yang positif.

Jika bukan penggemar kopi, maka seseorang bisa mendapatkan asupan kafein yang baik dari teh hijau, ditambah lagi memiliki sifat antioksidan yang hebat.

Cara 2

Minum kafein bisa membakar lemak. Jika berolahraga di pagi hari dengan perut kosong, satu atau dua cangkir kopi akan membakar lebih banyak lemak daripada yang seharusnya. Ini juga akan membantu olahraga untuk tidak terasa melelahkan.

Cara 3

Teh dan kopi menangkal radikal bebas. Akan tetapi perbandingannya, minum lebih banyak teh per hari memberi seseorang lebih banyak antioksidan daripada minum terlalu banyak kopi.

Minumlah teh hitam, teh oolong, dan teh hijau untuk mendapatkan manfaat polifenol (sejenis antioksidan). Menurut penelitian, teh sebenarnya bisa mengandung hingga 10 kali lipat jumlah polifenol yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran.

Cara 4

Minumlah teh hijau dengan madu, yang telah terbukti meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena sifat antioksidannya yang tinggi, teh dan kopi telah terbukti mencegah penyakit termasuk penyakit hati seperti kanker. Kafein juga merangsang kerja otak. Studi baru menunjukkan bahwa kafein dapat melindungi dari penyakit alzheimer dan demensia.

Tingginya jumlah polifenol dalam kopi dan teh juga telah terbukti menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan meningkatkan sekresi serta sensitivitas insulin.

Cara 5

Jika ingin tetap langsing, cukup minum secangkir teh atau kopi dalam sehari. Teh atau kopi dengan sedikit gula tidak masalah asalkan tidak ditambah dengan camilan.

(JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!